Walikota Pariaman Lepas Keberangkatan Mendes PDT di BIM, Untuk Kembali Ke Jakarta

Walikota Pariaman Lepas Keberangkatan Mendes PDT di BIM, Untuk Kembali Ke Jakarta

Minggu, 26 Juli 2020, 12.15.00

PARIAMAN --- Pagi ini, Minggu (26/7/2020), Walikota Pariaman, Genius Umar melepas keberangkatan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar, dan rombongan, bertolak ke Jakarta, setelah selesai melaksanakan kunjungan kerja di Sumatera Barat, sejak Jum'at 24 Juli 2020 kemaren.

Diantara kunjungan kerja Gus Mentri di Sumbar adalah mengukuhkan Pendamping Desa Berdikari Kota Pariaman yang merupakan inisiatif dari Walikota Pariaman dalam mengatasi kekurangan tenaga pendamping desa yang diangkat oleh pemerintah pusat, dan merupakan satu-satu nya di indonesia.

Masih di Kota Pariaman, Abdul Halim Iskandar juga mengunjungi Jembatan Pelangi Desa Kampung Kandang, yang dibangun dengan Dana Desa, yang saat ini dijadikan sebagai Desa Wisata dengan memanfatkan kearifan lokal dan potensi alam yang ada.

Setelah itu Menteri dan rombongan tersebut juga meresmikan Embung Desa di kecamatan Sintoga Kabupaten Padang Pariaman, dan terakhir di hari sabtu, beliau juga mengunjungi Kecamatan Silaut dan Kawasan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Banyak manfaat yang didapat dari kunjungan pak Mendes PDTT ini ke Kota Pariaman secara khusus, dimana dengan kehadiran beliau dalam pengukuhan PDB (Pendamping Desa Berdikari) Kota Pariaman, secara tidak langsung menjadikan Kota Pariaman menjadi yang terdepan dalam membuat inovasi tentang kemajuan yang ada di desa," ujar Genius Umar.

Selain itu, kunjungan ini juga menjadi hal positif bagi Pemko Pariaman, dimana pada kesempatan tersebut, Wako Pariaman juga berkesempatan memberikan proposal untuk pembangunan Embung Desa, Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, yang dananya berasal dari Kemendes PDTT.

"Kita harapkan proposal pembangunan embung Desa, dimana dananya berasal dari pusat di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dapat segera turun, dan dengan adanya Embung Desa tersebut, akan terjadi peningkatan pertanian, perekonomian, perikanan dan wisata di desa Sikapak Barat nantinya," ungkap Genius.

Didampingi sang istri, Gus Menteri bertolak dari BIM pukul 10.00 WIB dilepas beberapa pejabat di Sumbar, diantaranya Rektor UNP Prof. Ganefri, Kadis DPMD Prov. Sumbar Drs. Syafrizal dan tentu Walikota Pariaman, Genius Umar yang di dampingi Febby dt Bangso, Ketua DPW PKB Sumbar. (rel/Harsy)

TerPopuler