Diterima Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir, Anak Petani Pepaya Pasbar Ini Terkendala Biaya


PASAMAN BARAT----Rafikah satu--satunya seorang Santri berprestasi asal Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat yang diumumkam diterima untuk kuliah ke Universitas Al Azhar di Mesir.


Namun ia terkendala biaya untuk keperluan keberangkatannya melanjutkan pendidikan ke Mesir. Ia membutuhkan bantuan biaya sekitar Rp50 juta, hal ini sangat dipenuhi oleh orang tuanya yang merupakan seorang petani.


"Orang tua saya hanya seorang petani pepaya dengan penghasilan pas-pasan. Kami ada 7 orang bersaudara yang masih dalam tanggungan orang tua," sebut Rafikah, Jumat (7/8/2020).


Rafikah dinyatakan lulus seleksi masuk perguruan tinggi Universitas Al Azhar Mesir melalui program PUSIBA. Program ini dilaksanakan pada 10 Juni sampai 12 Juni 2020 dengan diikuti sekitar 1.000 orang peserta se Indonesia.


Lulusan terbaik wisuda Pondok Pesantren Arabi Darul Yamani Pisang Hutan tahun 2020 ini dijadwalkan akan berangkat ke Mesir pada Desember 2020 mendatang.


Selama enam tahun nyantri di pondok, Rafikah selalu mendapatkan juara 1 dan juara umum. Selain itu ia juga menorehkan sejumlah prestasi gemilangnya seperti Juara 3 lomba baca kitab kuning se Kabupaten Pasaman Barat pada tahun 2017.


Kemudian, juara lomba duta hafiz se Sumatera Barat tahun 2018 dan sekarang Rafikah hafiz 10 Juz AlQuran serta masih banyak prestasi lainnya yang pernah diukirnya. 


Anak ke lima dari tujuh bersaudara pasangan Asman (58) ayah dan Erda (54) Ibu, memiliki tekad yang kuat untuk bisa menimba ilmu agama ke Mesir. Meskipun dia sadar dengan kondisi perekonomian keluarga yang tidak memadai.


"Saya tidak akan pernah berhenti bercita-cita untuk bisa menuntut ilmu agama di Negeri Timur Tengah tersebut. Meskipun keluarga pas-pasan tapi ada Allah Subhanahu Wa Taala yang maha kaya.


"Jika Allah Subhanahu Wa Taala ridho, maka mudah baginya untuk mengizinkan saya menuntut ilmu agama ke Mesir dengan jalan apapun yang tidak terduga," kata Rafikah.


Untuk itu ia berharap ada dermawan yang terketuk hatinya untuk meringankan langkahnya menuntut ilmu agama di salah satu universitas tertua yang ada didunia itu.


Asman orang tua dari Rafikah juga sangat berharap anaknya bisa melanjutkan pendidikannya ke Universitas Al Azhar untuk lebih memperdalam ilmu agama.


"Besar harapan kami, para dermawan dapat membantu meringankan langkah Rafikah untuk menggapai cita-citanya. Semoga bantuan yang diberikan dibalas oleh Allah Subhanahu Wa Taala, Amin," harap mereka.


Bagi para dermawan yang ingin meringankan dan ingin membantu Rafikah, bisa langsung mengantarkan bantuan terbaiknya kekediaman orang tuannya di Jalan Simpang Tigo Kapar, Jorong Kapar Timur, Nagari Kapar, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat.


Atau bisa melalui rekening pada Bank Nagari atas nama Rafikah 7103-0204-00554-1. Untuk konfirmasi juga bisa menghubungi 085271021543.

(Robi Irwan)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.