Disparbud Kota Pariaman Gelar Lomba Vidio Kreatif Gali Potensi Pariwisata Ekraf Desa/Kelurahan -->

Disparbud Kota Pariaman Gelar Lomba Vidio Kreatif Gali Potensi Pariwisata Ekraf Desa/Kelurahan

Selasa, 29 September 2020, 22.23.00

 


PARIAMAN --- Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman akan menggelar Lomba Vidio Kreatif untuk menggali potensi pariwisata dan ekonomi kreatif desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman.


Kepala Disparbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono ketika diwawancarai oleh Tim Media Center Kota Pariaman membenarkan hal tersebut. 


"Ya benar, hari ini kita menggelar rapat persiapan lomba vidio kreatif antar desa/kelurahan se Kota Pariaman tahun 2020 bersama Disparbud, Camat beserta jajarannya ", ungkap Marhen di Kantor Disparbud Kota Pariaman, Selasa (29/9). Turut hadir dalam rapat, Camat Pariaman Tengah, Ferry Ferdian Bgd Putra dan Camat Pariaman Timur, Muhammad Arif.


"Kita lombakan membuat vidio berdurasi 3 menit yang memperlihatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di desa atau kelurahannya masing-masing ", imbuhnya.


Marhen mengatakan, pendaftarannya dimulai hari ini tanggal 29 hingga 30 September 2020. Kemudian tanggal 1 Okt 2020 kita berencana menggelar rapat dan pembukaan secara zoom meeting bersama kepala desa/lurah di kantor masing-masing dan seterusnya kita keliling ke kecamatan untuk workshop melakukan pembinaan.

Ia menjelaskan, lomba diikuti oleh tiga orang pemuda perwakilan desa/kelurahan.


"Vidionya dibuat tidak harus pakai kamera profesional, boleh pakai kamera smartphone. Yang penting konsep vidionya bisa menggambarkan potensi yang ada baik pariwisata, seni budaya, kuliner dan kerajinan khas ", jelasnya.


"Dengan diadakannya lomba tersebut, dengan SDM dan anggaran yang terbatas, tahun depan desa/kelurahan bisa mengusulkan di Musrembang untuk pengadaan fasilitas kamera, komputer dan lainnya untuk anak-anak muda yang kita latih sebagai aset desa ", sambungnya.


Mantan pegawai Bappeda Kota Banyuwangi ini juga menambahkan, tujuannya adalah ketika vidio ini telah selesai di upload di instagram, facebook dan youtube terhitung hingga tanggal 30 November 2020 jam 21.00 WIB kita hitung jumlah tayangannya.


Penilaiannya di dua kategori, kategori tayangan terbanyak dan kategori terfavorit. Memperebutkan hadiah uang tunai, tropy dan piagam penghargaan dari Walikota Pariaman.


Marhen berharap, lomba ini dapat mengangkat potensi desa/kelurahan sesuai ciri khas masing-masing, dapat mencetak potensi SDM pemuda yang kreatif dan inovatif, dapat mempromosikan pariwisata Kota Pariaman secara menyeluruh dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram dan youtube. 

( KL)

TerPopuler