Hadiri Batagak Kudo-Kudo di Masjid Raya Sintoga, Bupati Ali Mukhni Sebutkan Orang Tuanya Amanatkan Untuk Selalu Dekat Dengan Ulama

Bupati Ali Mukhni Memberikan Sambutan Pada Acara Batagak Kudo-Kudo di Masjid Raya Sintuk Toboh Gadang, Minggu 13 September 2020. Fhoto : Humaa

SINTOGA---Perhatian Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni terhadap pembangunan mesjid dan kedekatan dengan para ulama ternyata didikan dari kedua orang tuanya.

" Orang tua saya mengamanatkan kepada anak-anaknya untuk peduli terhadap pembangunan bidang keagamaan. Saat orang tua masih hidup, Ayah dan Ibu berpesan agar kami peduli dengan pembangunan mesjid. Dekat dengan para ulama" kata Bupati Ali Mukhni saat menghadiri batagak kudo-kudo Mesjid Raya Sintuk Toboh Gadang, Minggu (13/09/2020), kemarin.

Tidak heran, selama menjabat Bupati selama dua periode, Ali Mukhni punya program prioritas bidang keagamaan.

Bahkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan penghargaan kepada Ali Mukhni sebagai Pemerintah Daerah Peduli Pendidikan dan kontribusi dalam pembangunan Madrasah Aliyah Insan Cendikia dari Kementerian Agama RI tahun 2017.

Kemudian Penghargaan juga diterima dari Kepala Kanwil Kemenag Sumbar yang menilai Ali Mukhni berjasa dalam mewujudkan pembangunan asrama haji dan MAN Insan Cendikia yang keduanya berlokasi di Padang Pariaman.

Sejumlah program bidang keagamaan yang digulirkan Ali Mukhni selama menjadi Bupati Padang Pariaman, yakni pemberian insentif kepada imam, khatib dan gharin, pembangunan rusunawa untuk Pesantren, hadiah umroh bagi Qori dan Qoriah berprestasi, hadiah bagi khatam Al Quran selama bulan suci ramadhan dan pembangunan Mesjid.

"Dalam menjalankan pemerintahan, kami juga melibatkan ulama. Kedekatan antara ulama dan umara sangat terlihat di Padang Pariaman. Alhamdulillah, pembangunan berjalan lancar sesuai harapan masyarakat” kata Bupati yang juga dermawan itu.

Pada masa pandemi Covid-19, Bupati Ali Mukhni juga menunjukkan kepeduliannya kepada Ulama.

Aksi nyatanya yaitu memberikan dana Rp170 juta untuk membantu 340 ulama yang tersebar di seluruh kecamatan daerah itu karena dampak wabah Covid-19.

Calon Wakil Gubernur Sumbar itu juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa Padang Pariaman dipercaya sebagai lokasi pembukaan MTQ Nasional pada bulan November mendatang.

Acara akbar tersebut akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang diselenggarakan di Stadion Utama Sumbar di Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung.

“MTQ bertujuan siar dakwah dan membumikan Al-Quran didalam kehidupan masyarakat. Mari kita sukseskan MTQ nasional yang tinggal lebih kurang 60 hari lagi” kata Bupati yang Ali Mukhni berpeluang besar. (RHPP)
Diberdayakan oleh Blogger.