Kelurahan Jati Hilir dan Pasir, Juara Pertama Video Kreatif -->

Kelurahan Jati Hilir dan Pasir, Juara Pertama Video Kreatif

Senin, 07 Desember 2020, 15.11.00

 

PARIAMAN --- Kelurahan Jati Hilir dan Kelurahan Pasir, Juara Pertama Video Kreatif Favorit dan Video Kreatif  Terbaik pada Lomba Video Kreatif antar Desa/Kelurahan se Kota Pariaman Tahun 2020, yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kota Pariaman.


Penyerahan Hadiah Lomba Video Kreatif antar Desa/Kelurahan se Kota Pariaman ini, digelar di Balairung rumah dinas walikota, Senin malam (7/12/20200. Acara ini juga diikuti secara live melalui zoom meeting oleh Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI, DR. Muhamad Neil EL Himam, M.Sc dari Jakarta.


Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa kegiatan lomba video kreatif antar desa/kelurahan ini adalah yang pertama dilakukan, dan hal ini merupakan terobosan besar yang dibuat oleh Dinas Parbud Kota Pariaman, yang dipimpin oleh seorang pelopor wilayah pedesaan dari Banyuwangi ini.


"Kami mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan Dinas Parbud dibawah kepemimpinan Dwi Marhen Yono, yang banyak melahirkan ide-ide dan inovasi dibidang kepariwisataan, dan salah satunya adalah membuat lomba video kreatif antar desa dan kelurahan di Kota Pariaman, yang secara tidak langsung telah mengenalkan potensi Desa/Kelurahan yang ada di Kota Pariaman," tuturnya.


"Awalnya kegiatan ini diajukan beliau untuk tahun 2021, tetapi karena kesuksesan beliau di Banyuwangi yang terbukti mengangkat pariwisata Kabupaten tersebut, saya meminya untuk segera di tahun 2020 ini dibuat, walau tanpa anggaran, ternyata lomba ini dapat berjalan sukses dan bahkan video kreatif hasil buatan generasi muda pariaman ini, ada beberapa video yang telah ditonton sampai jutaan kali," ungkapnya lebih lanjut.


Genius Umar juga mengatakan bahwa kita tidak bisa mengingkari, bahwa kemajuan teknologi dan informasi tidak bisa dilepaskan dari upaya pengembangan dan promosi pariwisata, dengan adanya Video Kreatif antar Desa dan Kelurahan yang telah dilakukan oleh Dinas Parbud ini, secara tidak langsung telah mempromosikan potensi yang dimiliki oleh desa/kelurahan tersebut, ulasnya.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Parekraf RI, dimana telah banyak membantu Kota Pariaman dalam mempromosikan dan membina kami sehingga Kota Pariaman nantinya bisa sejajar dengan Kota/Kabupaten lainya di indonesia yang dikenal karena Pariwisatanya, dan kami berharap bapak Deputi dapat hadir ke Kota Pariaman secara langsung nantinya, tidak hanya live streaming di zoom meeting saja," tutupnya.


Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI, Muhamad Neil EL Himam, awalnya memang berniat untuk datang ke Kota Pariaman menghadiri acara ini, tetapi karena ada rapat mendadak dengan DPR RI, akhirnya dirinya hadir hanya lewat zoom meeting saja.


"Setelah melihat hasil dari video kreatif yang dibaut desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman, saya malah nambah penasaran untuk hadir langsung dan menyaksikan keindahan dan keunikan potensi yang ada di Kota Pariaman ini, dan insha allah bulan Februari 2021 mendatang, saya akan hadir langsung ke Kota Pariaman," katanya.


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono menjelaskan bahwa Upaya membentuk citra bahwa Kota Pariaman merupakan daerah tujuan wisata yang pantas untuk dikunjungi dan marketable, tidak bisa berhenti pada upaya pemetaan dan pengembangan daya tarik wisata saja,  melainkan diperlukan strategi yang komprehensif.


"Dalam salah satu komponen, yaitu promotion strategy, terdapat sebuah sub komponen yaitu, branding. Branding dapat dijadikan pembeda ataupun identitas suatu produk, termasuk pariwisata. Dimana kami telah melaksanakan Focuss Group Discussion (FGD), dengan hasil dari FGD tersebut telah ditetapkan Brand Image Kota Pariaman yaitu 'The Sunset City of Indonesia,” ucapnya.


Pria angkatan 9, Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) atau sekarang disebut Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1997 ini bahwa untuk mensosialisasikan Brand Image tersebut, dilakukan dengan melakukan sayembara Brand Image melalui lomba Video Kreatif Desa/Kelurahan se Kota Pariaman tahun 2020, yang di ikuti oleh 62 Desa/Kelurahan yang ada di Kota Pariaman, katanya.


"Pada lomba Video Kreatif ini, Kelurahan Jati Hilir terpilih sebagai Juara Pertama kategori Favorit, dengan tayangan sebanyak 1.203.469 yang dilihat netizen, dari platform media sosial Instagram , Facebook dan Youtube. Diikuti Juara kedua Terfavorit oleh Desa Air Santok dengan jumlah tayangan sebanyak 752.989 dan Juara Ketiga Terfavorit diraih oleh Desa Apar dengan kumlah tayangan 246.983," tukasnya.


Untuk Video Kreatif kategori Terbaik, yang dinilai oleh juri, untuk Juara Pertama diraih oleh Kelurahan Pasir dengan total nilai 95, Juara Kedua Desa Naras I dengan nilai 90 dan Juara Ketiga diraih oleh Desa Padang Birik-Birik dengan nilai 85.


"Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang tunai, piagam dan piala, sedangkan yang juara pertama masing-masing kategori, akan mendapatkan hadiah tambahan berlibur ke Pulau Dewata (Pulau Bali) selama 3 hari 2 malam," jelas marhen mengakhiri. ( KL)

TerPopuler