Pariaman Smart City Akan Segera Diwujudkan, Untuk Antisipasi Berbagai Permasalahan Tata Kelola Kota

Pariaman Smart City Akan Segera Diwujudkan, Untuk Antisipasi Berbagai Permasalahan Tata Kelola Kota. Terlihat Wakil Walikota Pariaman Dr.Genius Umar Saat Menerima Cendra Mata Dari Koordinator Smart City Imanuddin, di Meeting Room Living Lab Smart City Nusantara, Kamis (1/9). (Fhoto : Humas )
Jakarta, BANGUNPIAMAN.COM---Pemerintah Kota Pariaman akan mewujudkan Kota Pariaman sebagai Kota Pintar atau yang lebih dikenal dengan Smart City. Tujuanya untuk untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang ada dalam tata kelola suatu kota. Diantaranya,  pelayanan, kriminalitas, infrastruktur,partisipasi, komunikasi dengan masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Karena itu,  Smart City Nusantara sebagai solusi yang ditawarkan oleh Telkom Indonesia pada Pemerintah Kota Pariaman untuk menciptakan kota yang cerdas.

Menurut, Koordinator living lab smartcity Telkom Indonesia, Imanudin, saat menerima Kunjungan Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, di Meeting Room Living lab Smart City Nusantara, Jakarta, Kamis (1/9), mengatakan, bahwa Smart City adalah solusi berbasis teknologi digital yang mampu membuat tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien,.

"Kedepan Teknologi informasi dapat menyelesaikan permasalahan di daerah, telkom siap membantu Pemerintah Kota Pariaman melalui pendampingan mengatasi permasalahan yang lebih prioritas diatasi oleh Kota Pariaman," kata Imanuddin.

Sementara itu, Wakil Walikota Pariaman, Genius umar, sangat tertarik  terhadap program smart city yang diperagakan oleh Telkom dalam bentuk simulasi, mulai dari bentuk server room, Comon center dan meeting room yang semuanya terlihat simpel dan efektif untuk mengontrol pelayanan yang dilaksanakan oleh SKPD.

"Smulasi Smart City perlu diterapkan di Kota Pariaman, saya mengharapkan telkom dapat mendampingi dan mengajarkanya pada SKPD, karena Smart city bisa meningkatkan pelayanan pada masyarakat, seluruh kondisi bisa dipantau dengan up to date baik kondisi pelayanan kesehatan, pendidikan, pariwisata dan pelayanan perizinan," kata Genius

Anggota devisi Smart City Goverment Service,Naufal mengatakan, persoalan suatu daerah tidak sama dengan daerah lain. Jakarta fokus pada masalah transportasi. Surabaya lebih cendrung ke internal, Kota Pariaman akan kita buat Smart City sesuai dengan kebutuhannya dalam mengatasi masalah, tentu perlu kerjasama yang erat antara Telkom dengan Pemerintah Daerah. "Dengan adanya Telkom Smart City Nusantara, maka  Pemerintah Kota Pariaman harus menyiapkan infrastruktur smartcity dan telkom memberikan konsultasi,".jelasnya.

Fokus untuk Pemerintah Kota Pariaman akan menerapkan enam Smart City diantaranya  informasi nama kota, kecamatan, desa/kelurahan, info restoran. Mall. Rumah Sakit, Puskesmas Mall, termasuk info tempat wisata dan yang menarik lainnya).  Pada diskusi tersebut Genius Umar juga menyarankan agar Telkom bekerjasama dengan PT.Kereta Api Indonesia (KAI) dalam menyediakan Smart Tiket, mengatasi lonjakan penumpang kereta Api di Kota Pariaman.

Sebelumnya Telkom telah membantu Kota Pariaman dalam membentuk Kampung UMKM Digital di Desa Padang Biriak-biriak yang mampu meningkatkan omset UMKM Pariaman. Dalam kunjungan tersebut Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi  Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo, Yita Balad, Kabag Humas Yalviendri serta Kabid Kominfo. (Humas Kota Pariaman/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.