10 Kecamatan Akan Jadi Sasaran Survey Serologi Frambusia

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM-----Survei Serologi Frambusia di Kabupaten Padang Pariaman akan dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 9 sampai 15 Maret tahun 2017. Kegiatan tersebut berlokasi pada beberapa Korong yang tersebar di 10 Kecamatan dan Puskesmas yang telah ditetapkan. Sasaran dari Survey ini adalah anak-anak berusia 1-5 tahun yang berdomisili dalam wilayah Puskesmas tersebut.

Demikian dilaporkan oleh dr. Jasneli, MARS. Kabid P2P yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman dalam Pertemuan  Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Survey Serologi Frambusia Tahun 2017, yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 7 dan 8 Maret 2017 di Aula Nan Tongga Beach Hotel Pariaman.

Pertemuan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Jonpriadi,SE.MM. tersebut dihadiri oleh Pimpinan OPD terkait dan Camat selaku perwakilan lintas sektor serta Kepala Puskesmas dan Tenaga Medis yang merupakan  perwakilan lintas program.

Dalam kesempatan itu, Sekda Jonpriadi yang mewakili Bupati Padang Pariaman mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kesehatan karena telah menetapkan Kabupaten Padang Pariaman sebagai salah satu lokasi survey ini, dari 16 kabupaten lainnya di Indonesia.

 Dr. Rita Djupuri, M.Epid. sebagai narasumber dari Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen PP dan PL Kementrian Kesehatan RI menyampaikan bahwa Penyakit Farambusia ini sama halnya dengan penyakit Kusta yaitu merupakan penyakit menular yang utamanya mengenai jaringan kulit.
Penyakit ini tidak menimbulkan kematian, namun apabila tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan kecacatan pada penderita, pungkasnya.

Apabila program survey dan Eradikasi Frambusia yang akan dilaksanakan selama tiga tahun ini berjalan dengan baik dan sukses hingga tidak ada lagi ditemukan penyakit Farmbusia, maka Kabupaten Padang Pariaman akan memperoleh Sertifikat Bebas Frambusia dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pada sesi terakhir, juga dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan dan Rencana Tindak Lanjut Upaya Pencapaian Eradikasi Prambusia Tahun 2019 oleh Perwakilan Lintas Sektor, Perwakilan Lintas Program dan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.

Selaku perwakilan dari lintas sektor Anesa Satria,SH.MM. menyampaikan, sesuai tugas dan fungsinya Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman akan menyebarluaskan informasi ini melalui media cetak dan elektronik maupun dalam website dan media sosial yang kita miliki.

“Sesuai dengan visi misi pemerintah kita berkewajiban, menyebarluaskan informasi baik melalui media cetak dan elektronik maupun dalam website dan media sosial agar masyarakat mengetahui kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah. kita telah membentuk PPID, ada Pengaduan Masyarakat (Pesduk),”kata
Anesa, dia pun berharap masyarakat memberikan informasi dan dapat melaporkan ke Puskesmas atau pada portal pengaduan masyarakat apabila melihat dan mengetahui ada penyakit Frambusia dilingkungannya

“Kami akan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk dapat melaporkan ke Puskesmas apabila melihat dan mengetahui ada penyakit Frambusia dilingkungannya, tentu ini tidak lepas dari kerjasama kita semua” ujarnya mengakhiri. (Wis/Release Kominfo)    

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.