Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin Pimpin Peringatan HAB Ke-73

Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-73, Pemerintah Kota Pariaman melaksanakan upacara bendera yang diikuti seluruh aparatur sipil negara pemko pariaman , beserta Korps ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama dan siswa madrasah, di halaman Balai Kota Pariaman , Kamis (03/01/2019).

Dihadiri Ketua DPRD Kota Pariaman,  Sekdako, Forkopimda Kota Pariaman bersama kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman, kepala BUMN dan BUMD di Kota Pariaman serta pimpinan bank yang ada di Kota Pariaman serta para pensiunan Kemenag yang tergabung dalam PPKA.

Upacara HAB ke-73 di Kota Pariaman  dilaksanakan dengan penuh khidmat. Wakil Walikota Pariaman membacakan sambutan Menteri Agama pada HAB 73 dengan tema Jaga Kebersamaan Umat. 


Diawal sambutan Menteri Agama mengajak kita semua merayakan HAB 73 ini dalam kesederhanaan, ditengah bencana yg melanda Indonesia mulai dari Lombok, Palu, dan Selat Sunda. Bersama kita falam duka saudara-saudara kita.

Lebih lanjut dikatakan bahwa berdirinya Kementerian Agama pada 3 Januari 1946 adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat kian naik peringkat. Agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antarumat beragama yang kian rekat. Dan pada akhirnya agar kualitas.

Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. 


Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan  kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama.

“Pembentukan Kemenag memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan bangsa. Karena berperan menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas keagamaan masyarakat agar terus meningkat dan menjaga kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Hari Amal Bakti membawa pesan untuk mewujudkan supermasi nilai-nilai ketuhanan dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa.

“Kepada seluruh ASN terutama dalam Korps Kemeneterian Agama Kota Pariaman harus bisa menjadi perangkai rasa kebangsaan, harus jadi tauladan dalam kesederhanaan, kejujuran dalam rangka memberikan amal bakti kepada semuruh masyarakat,” harap Wakil Walikota.

Selesai upacara Wakil Walikota Pariaman dengan didampingi Kakankemenag dan jajaran Forkofinda  menyerahkan Satya Lencana bagi 12 orang ASN Kemenag yang terdiri dari 1 orang masa kerja 30 tahun, 6 orang masa kerja 20 tahun dan 5 orang masa kerja 10 tahun .

Sementara itu Kemenag Kota Pariaman M. Nur mengatakan,  dihari ulang tahun ke 73 mari kita bersyukur bahwa kementrian agama dari tahun ke tahun kemenag dari zaman kezaman semakin diakui keberadaanya. 


Kedua wujud syukur itu ditujukan dengan disiplin, patuh, taat kepada pimpinan semoga pekerjaan menjadi pekerjaan luar biasa terukur sehingga masyarakat dilayani memuaskan. 

Ketiga untuk kedepan mari kita susun bagaimana cara kerja kementerian agama ini betul-betul bisa diaplikasikan dan berpihak kepentingan masyarakat, ini perlu kita bikin SOP ( standar operasional prosedur)  dalam pelayanan masyarakat, insya allah kita telah PTSP ( pelayanan terpadu satu pintu ) kemudian kantor kita ini telah zona integritas bebas dari kurupsi.

Pewarta : Harsyi Warsilah

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.