Kamenag Pariaman M.Nur, Hilal Belum Nampak Sesuai Putusan Isbat Kamentrian Agama 1 Syawal 1440 H Jatuh Hari Rabu 5 Juni 2019

Pemantauan Hilal Yang Dilakukan Jajaran Kamenag, MUI dan NU Kota Pariaman, Senin 3 Juni 2019, di Lantai Dua Hotel Nan Tongga Pariaman ( Fhoto : Harsyi Warsilah )
PARIAMAN, BANGUNPIAMAN.COM-- Pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Syawal 1440 Hijriyah oleh Kementerian Agama Kota Pariaman dipusatkan di Hotel Nan Tongga, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Senin (3/6/2019).

M. Nur menyebutkan, pemantauan hilal ini, melibatkan Wakil Ketua MUI Kota Pariaman Buya Muftahuddin,  Ketua NU Kota Pariaman TK. Mardison,  Kasubag TU Kota Pariaman Syaiful Azmi,  Kasi Pendis Kota Pariaman Zahardi, Kasi haji dan umrah,  Kasi Bimas Islam, Kasi Penyelengara Syariah,beserta staff Kemenag Kota Pariaman dan tokoh masyarakat.

M. Nur menyebutkan, pihaknya melakukan  Rukyatul Hilal untuk mengikuti sunnah. Nabi Muhammad SAW bersabda berpuasa lah kamu karena melihat bulan dan berbuka lah kamu karena melihat bulan artinya melaksanakan idul fitri 1440 hijriyah, setelah melihat bulan .

Tujuan dari pemantauan hilal ini dimaksudkan, untuk menjalin silaturahmi antar ormas islam karena pemantauan hilal ini dihadiri oleh semua ormas. " Sore tadi setelah kita melihat hilal atau bulan sabit ternyata belum kelihatan karena masih tertutup awan.

"Maka sesuai dengan keputusan isbat Kementerian Agama Republik Indonesia karena hilal belum kelihatan, maka 1 Syawal jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019," ulasnya.

Setelah acara melihat hilal dilanjutkan dengan shalat berjamaah dan buka bersama, dengan seluruh jajaran yang hadir

Pewarta : Harsyi Warsilah

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.