Berkah Acara Puncak Hari Nusantara 2019 Untuk Kota Pariaman

Mentri Koordinator Ekonomi Airlangga Sutarto, Mentri PUPR Basuki Hadimulyono dan Walikota Pariaman Genius Ketika Memberikan Keterangan Pers, di Media Center Hari Nusantara ke-19. Fhoto : Harsy Warsilah

PARIAMAN – Bertempat di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sumatera Barat, acara puncak Hari Nusantara 2019 terselenggara dengan sukses.

Di panggung utama, telah hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Asops KASAL Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Dirjen Kominfo Widodo Muktiyo dan Walikota Pariaman Genius Umar.

Rangkaian kegiatan menarik mengisi puncak acara Hari Nusantara 2019 seperti Gandang Tasa Kreasi yang berhasil masuk dalam rekor MURI.

Dengan jumlah 1000 pelajar, atraksi terjun payung oleh 28 penerjun dari TNI AL, dan Parade Perahu Hias yang dihadiri oleh ribuan masyarakat yang ingin melihat secara langsung.

Selain itu, dalam kesempatan ini diadakan pula penandatanganan Prasasti Kawasan Pantai Gandoriah, penandatangan Prasasti Pengamanan Pantai Pariaman

Kemudian penandatangan Prasasti Bantuan Rumah Khusus Nelayan Nagari Karan Aur. Serta pemberian bantuan stimulan rumah swadaya sebanyak 1000 unit.

Dalam acara ini pula, diberikan penyerahan penghargaan Dharma Pertahanan dan Penghargaan Green Port bagi pelabunhan internasional Indonesia dan penyerahan sertifikat oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara 2019, Kota Pariaman, Sumatera Barat, mendapatkan berkah tersendiri karena terpilih menjadi tempat terlaksananya acara tersebut.

Dipercayakannya kota Pariaman sebagai tuan rumah Peringatan Hari Nusantara tahun 2019 menjadi berkah tersendiri bagi Kota Pariaman, terutama dalam pembangunan infrastruktur.

"Akses jalan menuju lokasi puncak acara Peringatan Hari Nusantara di Pantai Gandoriah berhasil diaspal hotmix hanya dalam tempo dua hari pengerjaan saja,” tutur Walikota Pariaman, Genius Umar dalam pidato pembukaan di panggung utama acara puncak Hari Nusantara 2019.

Ditambahkan oleh Genius, selain dari bidang infrastruktur event Hari Nusantara juga turut berpengaruh di bidang pariwisata dan menaikkan ekonomi keluarga nelayan di sepanjang Pantai Gandoriah.

“Kawasan pantai dan pulau-pulau yang dulunya tidak menarik, kita bangun menjadi destinasi wisata yang menarik. Kawasan perkampungan nelayan yang dulunya kumuh, kita jadikan kawasan wisata kuliner yang menggugah selera, sehingga memiliki nilai tambah terhadap peningkatan ekonomi keluarga nelayan di Kota Pariaman,” imbuhnya.

Hal ini tentunya semakin melengkapi identitas Kota Pariaman sebagai kota maritim, yang saat ini sedang giat-giatnya membangun sektor wisata maritim.

“Melalui kesempatan ini dapat kami sampaikan, dengan ditetapkannya Kota Pariaman sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara tahun 2019, semakin meneguhkan tekad kami siap menjadi penyangga utama Poros Maritim Nasional, gagasan besar dari Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” tutup Genius dalam pidatonya.

Selain sekapur sirih dari Walikota Pariaman, sambutan selamat datang turut disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Beliau menyampaikan bahwa Pantai Gandoriah adalah salah satu pantai yang pengembangannya sangat besar. 

Dengan adanya bantuan APBN dan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus, pembangunan dipercepat dan angka kemiskinan turun. D

Disamping itu pula, pariwisata Sumatera Barat akan menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.

Momentum peringatan Hari Nusantara dapat melahirkan kembali semangat yang mencerminkan kekuatan dan kekompakan bangsa untuk maju.

Diharapkan masyarakat kota Pariaman mampu mengembangkan potensi ekonomi khususnya pariwisata di kota Pariaman dan Sumatera Barat sebagai satu kesatuan yang utuh.

“Peringatan Hari Nusantara merupakan sarana penguat wawasan nusantara dan sarana mengembangkan potensi daerah seperti menjadi destinasi pariwisata nasional maupun internasional," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya mewakili Presiden Republik Indonesia.

Pewarta : Harsy Warsilah

Diberdayakan oleh Blogger.