PROGRAM BEDAH RUMAH : Kementrian PUPR Bedah 1000 Unit Rumah di Kota Pariaman

Dirjen PUPR Khalawi Abdul Hamid didampingi Walikota Pariaman Genius Umar Memasangnya Stiker Bagi Rumah Yang Sudah Dibedah. Fhoto : Harsy Warsilah/Bangunkan.com

PARIAMAN---Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan program bedah rumah untuk 1.000 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Pelaksanaan program pembangunan rumah bagi masyarakat di Kota Pariaman juga merupakan salah satu bentuk dukungan Kementerian PUPR terhadap Peringatan Hari Nusantara yang akan diselenggarakan di Kota Pariaman pada tanggal 14 Desember 2019 yang akan datang.

Penyaluran dilakukan melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan. Bantuan bedah rumah berupa penyaluran dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019 tersebut dilaksanakan di empat kecamatan yakni Pariaman Utara (400 unit), Pariaman Timur (190 unit), Pariaman Selatan (140 unit) dan Pariaman Tengah (270 unit).

Disela-sela kunjungannya di Kota Pariaman, Kamis (5/12), Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Khalawi Abdul Hamid didampingi Wako Genius Umar sambangi langsung beberapa rumah yang telah siap dikerjakan oleh kementeriannya di wilayah Kota Pariaman.

Seperti ketika mengunjungi salah satu rumah penerima, Ranilawati (55 tahun), yang menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang terletak di desa Punggung Lading, Kecamatan Pariaman Selatan.

Ranilawati sangat berhak mendapat bantuan rumah tersebut, lantaran rumahnya memang sudah tidak layak huni lagi yang beratap bocor dan berlantaikan tanah. Ia juga memiliki seorang anak berusia 25 tahun yang menderita lumpuh permanen.

Khalawi Abdul Hamid menyatakan program BSPS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni.

" Dengan demikian, masyarakat dapat menempati rumah yang layak dan dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang harmonis sekaligus mewujudkan generasi masa depan yang sehat," imbuhnya.

Program BSPS  juga mendorong pola gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam proses pembangunannya, masyarakat harus melaksanakan pembangunan rumah secara berkelompok. Karena itu, pihaknya berharap pemerintah aktif melakukan pendataan rumah masyarakat.

Ia juga mengapresiasi kinerja Walikota Pariaman Genius Umar yang secara terus menerus nyinyir ke Kementerian PUPR supaya beberapa masyakat di Kota Pariaman dapat bantuan rumah yang layak.

Wako Genius, secara langsung ucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo melalui  Khalawi Abdul Hamid, yang telah membantu membangun 1.000 rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu yang ada di Kota Pariaman.

" Semoga ini menjadi nilai ibadah, dan mendapat Rahmat dari Allah SWT, dan bagi warga yang mendapat bantuan tetap selalu bersyukur atas karunia dan rahmay dari Allah SWT," imbuh Genius.

Diakhir kunjungan kebeberapa rumah yang telah siap dan ditempati, Khalawi Abdul Hamid lakukan pemasangan papan peneng yang disaksikan oleh Wako Genius Umar serta Kepala Desa dan masyarakat Desa Punggung Lading.(phaik/harsy)
Diberdayakan oleh Blogger.