Bareng Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wako Pariaman Genius Umar Hadiri Seminar Talkshow Gama Expo 2020

Wako Pariaman Genius Umar Bareng Gubernur Ganjar Pranowo Hadiri Talkshow Gadjah Mada 2020, di Universitas Negeri Padang, Minggu 26 Januari 2020. Fhoto : Junaidi

PADANG--Bareng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Pariaman Genius Umar hadiri Seminar Talkshow Gadjah Mada Expo yang disingkat GAMA Expo 2020.

Seminar ini merupakan puncak dari beberapa rangkaian Gadjah Mada Education Roadshow X (GMERS X), bertempat di Aula Universitas Negeri Padang (UNP), Minggu siang (26/1/2020), kemaren.

Narasumber Pada Seminar Talkshow GAMA Expo 2020 ini  antara lain Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Penulis novel best seller “99 cahaya di langit Eropa” Rangga.

Selanjutnya juga hadir sebagai narasumber dosen berprestasi UGM, I Made Andi dan dosen fakultas ekonomika dan bisnis di UGM serta narasumber lainnya.

Walikota Pariaman Genius Umar, hadir pada kesempatan ini sebagai Ketua Harian Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Sumbar sedangkan Ganjar Pranowo merupakan Ketua Umum KAGAMA Pusat.

"Kami saling berdiskusi tentang memajukan dunia pendidikan khususnya di Provinsi Sumatera Barat, dan umumnya pendidikan di Indonesia, " ulasnya

Komitmen KAGAMA adalah untuk mengoptimalikan peran jaringan alumni dan almamater dalam rangka memotivasi para generasi muda, untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya.

Tujuannya demi tercapainya kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk kesejahteraan rakyat dan memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah NKRI

Pada kesempatan itu Genius Umar meminta untuk difasilitasi keŕjasama antara Pemerintah Kota Pariaman dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dalam program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

"Kota Pariaman mempunyai Program Saga Saja yang telah kita mulai sejak tahun 2018 lalu, dan saat ini sudah 60 anak-anak kurang mampu asal Kota Pariaman yang kita kuliahkan di 11 Perguruan Tinggi (PT) yang menjalin kerjasama dengan kita, dan kami harap untuk MoU PT yang ke 12, adalah antara Pemko Pariaman dengan UGM,"tukasnya.

Sedangkan Ganjar Pranowo  mengatakan, agar Generasi Muda Sumatera Barat yang hadir pada kesempatan itu, terutama siswa SMA/SMK se Sumbar, untuk melanjutkan pendidikanya ke jenjang yang lebih tinggi, dan nantinya dapat menggapai cita-cita, menjadi pemimpin-pemimpin cerdas dan berkarakter di masa depan.

"Saya juga berpesan kepada anak-anak muda, jangan takut untuk menjadi enterpreneur, karena saat ini, banyak generasi muda yang sukses menjadi enterpreneur handal, apalagi warga Minang terkenal dengan jiwa bisnis yang unggul,"ungkapnya.

"Dahulu Minangkabau banyak melahirkan tokoh bangsa, dan saat ini, kami dari KAGAMA mengharapkan akan hadirnya kembali tokoh-tokoh bangsa yang berasal dari Sumatera Barat", ulasnya.

Acara ini digagas oleh FORKOMMI (Forum Komunikasi Mahasiswa Minang) UGM, Gadjah Mada Education Roadshow, Tahun 2020 ini memasuki usia 10 tahun.

 Adapun rangkaian kegiatannya, berupa roadshow ke sekolah-sekolah pada 3 - 16 Januari 2020, di 18 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Selanjutnya mengadakan Try Out (TO) untuk lulus seleksi memasuki perguruan tinggi negeri serentak pada 19 Januari 2020, yang juga diadakan di 18 kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

"Pada tahun ini GMERS, melaksanakan TO dalam dua bentuk, yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT), dan puncaknya adalah Seminar Talkshow ini", sebut Tsamara Hanindya, Panitia GMERS X Tahun 2020 ini. (J/Harsy)
Diberdayakan oleh Blogger.