Imran Rafi’i, Sang "Camaik Rakyaik"

Camat Patamuan Imran Rafi'i memetik pepaya yang ditanam di depan Kantor Camat Patamuan. Fhoto : Istimewa

Imran Rafi'i lahir di Panyabungan Kabupaten Madina tahun 1964. Mulai mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 1986 setelah lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara LPPN Padang.

Anak dari pasangan Hj.Syamsari Siregar (almh) dengan H.M Rafii Sikumbang (alm) telah mengabdikan dirinya selama 34 tahun menjadi ASN di Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman.

Camat Imran Bersama Istri Menanam Bunga. Fhoto Dok.

Beliau lebih lama mengabdi sebagai camat dimulai dari Camat Vll koto, Lubuk Alung dan sekarang menjabat sebagai Camat Patamuan.

Menurut Imran, selama mengabdikan diri sebagai ASN di Kabupaten Padang Pariaman  lebih lama mengabdi sebagai camat yakninya selama 31 tahun


" Selama menjabat sebagai camat banyak pengalaman yang saya dapatkan diantaranya, saya menjadi terbiasa menghadapi masyarakat dengan berbagai karakter, dari pengalaman tersebut saya jadi belajar untuk memahami perilaku orang tersebut sehingga saya dapat dengan mudah berkomunikasi dengannya terlebih jika sedang menyelesaikan sebuah masalah,”tuturnya.

Sebelum menjadi Camat, ASN yang juga pernah menjadi Sekretaris Kecamatan 2x11 Enam Lingkung dan Sekretaris Kecamatan Batang Anai ini memegang prinsip dalam menjalankan amanah yang dititipkan yakninya dengan membangun hubungan kerjasama yang baik dengan staf dan rekan sejawat terlebih dahulu.


“Dalam menjalankan amanah yang diberikan maka perlu dibentuk hubungan yang baik dengan staf dan rekan sejawat agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, ketika masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan maka saat ini pula dapat dikatakan kita berhasil dalam menjalankan amanah yang diberikan tersebut.”ucapnya

Selain itu, ia juga menambahkan hubungan yang dijalin tidak hanya pada saat di kantor saja namun juga ketika berada dilapangan, ia berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan siapa saja tanpa membedakan golongan karena menurutnya semua orang memiliki kelebihan masing-masing.

“Kita harus dekat dengan siapapun tanpa membedakan golongan karna semua orang mempunyai kelebihan masing-masing, disamping itu jangan sekali-kali menyakiti sesama,"sambungnya

Dikenal sebagai camat yang tidak pernah tidur Imran Rafi’i memperoleh  banyak prestasi membanggakan selama menjabat sebagai camat di Patamuan dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini.

Diantaranya menjadi camat terbaik pada tiga kompetisi, Kecamatan Patamuan menjadi kecamatan terbaik dalam perlombaan didikan subuh tingkat Kabupaten Padang Pariaman.

Sehingga menjadi perwakilan pada tingkat provinsi, dan juara umum Jambore Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kabupaten Padang Pariaman.

Dengan kepemimpinan yang selalu mengayomi masyarakatnya baik dalam menyelesaikan permasalahan maupun dalam membimbing masyarakatnya oleh sebab itu ia diberi gelar camat ninik mamak.

Meskipun sering berpindah tempat namun goresan prestasinya masih tergiang oleh masyarakat yang pernah ia pimpin

Imran Rafi”i Sinarmu Patamuan, Bersinar akhlaknya, Bersinar Pemerintahannya, Bersinar masyarakatnya (**)
Diberdayakan oleh Blogger.