Mengenal Lebih Dekat Rifki Monrizal, Kabag Hukum Pemkab Padang Pariaman


RIFKI MONRIZAL, Lahir  di Sintuk pada tanggal  17 November 1980. Dia dikenal sebagai seorang sosok yang mudah bergaul dan berteman dengan siapa saja.

Sikapnya yang selalu ceria membuat ia disenangi oleh rekan dan teman sejawatnya . Momon panggilan akrabnya menyelesaikan study sarjananya di Fakultas Hukum Universitas Andalas dan mendapatkan gelar magister di Perencanaan Pembangunan Universitas Andalas.

Sejak 2 Januari 2017 ia  dipercaya Bupati Padang Pariaman sebagai Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Banyak kasus yang telah diselesaikan selama ia menjabat diantaranya pada tahun 2020 saja sudah 10 kasus gugatan perdata dan tata usaha negara yang ditangani sebagai kuasa hukum Bupati Padang Pariaman.

Dalam penanganan kasus tersebut juga didampingi oleh Kasubag dan staf Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

“Dari 10 kasus tersebut 4 kasus yang sudah inkracht dan alhamdulilah semuanya dapat dimenangkan dengan artian dari gugatan yang diajukan tidak dapat diterima dalam putusan hakim yakni, dua kasus Perdata dan dua kasus Tata Usaha Negara. Sementara itu 6 kasus perdata masih dalam proses sidang di Pengadilan Negeri Pariaman dengan agenda jawaban tergugat,”ujarnya

Menurutnya bekerja di Bagian Hukum memang terkenal dengan orang yang tegang dan kalem, hal ini mungkin disebabkan karna irama dan ritme pekerjaan yang cukup menantang dan dinamis seperti tupoksi untuk bantuan hukum.

Karena dari gugatan yang masuk kasusnya berbeda dan bervariasi, sehingga membutuhkan analisa yang tajam dan tentunya penguasaan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Tupoksi perundang-undangan juga menantang, dimana tugas bagian hukum adalah melakukan koreksi dan analisa legal drafting terhadap regulasi yang diajukan oleh setiap OPD, baik itu berbentuk Peraturan Daerah, Peraturan Bupati maupun Surat Keputusan Bupati, tugas bagian hukum dalam hal ini melakukan kajian terhadap regulasi yang diajukan dengan menganalisa dari peraturan perundang-undangan diatasnya,”jelasnya

Ia juga menambahkan Inovasi yang dilahirkan oleh Bagian Hukum mulai akhir tahun kemaren juga membuka layanan dengan nama LAKONKU PAPA (Layanan Konsultasi Hukum Padang Pariaman) dimana pojok layanan ini dapat menjadi wadah konsultasi bagi seluruh ASN dan perangkat nagari serta masyarakat dalam mencari solusi permasalahan hukum.

Dalam menjalankan keseriusan bekerja tersebut ia memiliki trik sendiri dinataranya dengan dengan menjadikan pekerjaan tersebut sebagai hobi.

Bekerja dengan ikhlas serta disetiap waktu sela diselingi dengan candaan yang kadangkala candaan terkait dengan topik atau masalah hukum sehingga suasana bisa menjadi enjoy dan cair.

Berdiskusi dengan seluruh kasubag dan staf terkait permasalahan hukum juga sering dilakukan bahkan juga sharing dengan aparat penegak hukum lainnya seperti Polri dan Kejaksaan sehingga dengan banyak melakukan diskusi dan sharing, dapat diambil kesimpulan terhadap solusi permasalahan yang dihadapi.

“Kendala yang dihadapi saat ini yakninya masalah Sumber Daya Manusia, kekurangan staf dan kemampuan dari ASN itu sendiri yang memang harus  selalu diupgrade dalam memahami peraturan ditingkat pusat yang selalu berkembang sehingga membuat kami agak kewalahan dalam menjalankan pekerjaan tersebut,”tuturnya

Sikapnya yang sabar, pintar, cerdas dan sangat luar biasa membuat para staf di Bagian Hukum menjadi nyaman dalam menjalankan pekerjaannya.

Dengan cara mengenali karakter masing-masing staf  yang bertujuan agar para staf tidak ada yang mengeluh dan merengut sehingga mudah untuk menyelesaikan masalah.

Inilah Rifki Monrizal, S.H.,M.Si. seorang Kabag Hukum yang dikenal dengan sifat yang humble, keren, bersahaja dan disukai banyak orang.

(Hum_Pro)
Diberdayakan oleh Blogger.