Efendi Jamal : 55 Desa Di Kota Pariaman Telah Bagikan BLT-DD Kepada 5.117 Kepala Keluarga


PARIAMAN---Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman, Drs. H. Efendi Jamal, MM mengatakan, sebanyak 55 Desa di Kota Pariaman, telah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada warga miskin yang terdaftar sebagai penerima bantuan BLT DD, disebabkan Covid 19.

Hal itu disampaikan Efendi Jamal, melalui Kasi Pembinaan Desa Januar, Rabu lalu di ruang kerjanya.

Dijelaskan, setiap desa telah memplot anggaran BLT DD untuk 3 bulan, April, Mei dan Juni 2020.

Kepala Desa telah menyalurkan, tahap pertama untuk dua bulan, April dan Mei 2020, dengan nilai Rp. 600 ribu rupiah/bulan KK x 2 Rp. 1,200.000. Bantuan disalurkan melalui rekening Bank BNI Cabang Kota Pariaman.

Adapun jumlah penerima se Kota Pariaman, 5.117 Kepala Keluarga (KK) miskin. Untuk dua bulan telah disalurkan dana bulan April Rp. 1.993.800.000. Kemudian bulan Mei Rp. 1.832.400.

“Kita berharap kepada penerima BLT DD, supaya membelanjakan sesuai dengan kebutuhan hidup. Jangan ada yang membelanjakan buat, beli baju baru atau beli hp,” ujar Efendi Jamal didampingi Januar.

Ditambahkan Januar, adanya bantuan ini disebabkan wabah Covid 19 yang melanda seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan sampai ke Kota Pariaman.

Untuk memutus mata rantai wabah Corona, semua masyarakat diajnurkan tinggal di rumah, atur jarak dan makan yang bergizi.

Makanya, pemerintah membuat program penanganan Covid 19 dengan memberikan bantuan untuk kebutuhan hidup, karena umumnya masyarakat tidak bekerja, karena disuruh Lokdown di rumah.

Yang diberikan bantuan, masyarakat miskin dan bukan seluruh orang yang terkena dampak Covid 19.

“Yang berhak diberikan bantuan adalah KK miskin. Jadi jumlah KK miskin, akibat Covid 19, yang mendapatkan BLT DD 5.117  KK,” tukuk Januar. (aa)
Diberdayakan oleh Blogger.