Hari Ini KPU Padang Pariaman Resmi Umumkan Daftar Pemilih Tetap Secara Serentak.

 

Ketua KPU Ketika Monitoring Penempelan DPS. Fhoto : Yahya Efendi

PARIT MALINTANG---Hari ini Rabu 28/10/2020  KPU Padang Pariaman resmi mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah 2020. 


Pengumuman dilakukan dengan cara menenpelkan lembaran DPT di 103 nagari serta di titik tps atau tempat yang mudah dijangkau masyarakat.


DPT ini merupakan hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebelumnya juga telah diumumkan. Perbaikan dilakukan atas adanya tanggapan masyarakat atau dari pihak Banwaslu dan jajaran. 


Dari masukan dan tanggapan tersebut KPU beserta jajaran sampai tingkat PPS melakukan perbaikan sehingga menjadi DPT seperti yang diumumkan hari ini.


Ratna Juita, komisioner KPU Padang Pariaman Divisi Data menjelaskan DPT Padang Pariaman berjumlah 304.654 pemilih. 


Dari jumlah tersebut 150.273 adalah pemilih laki-laki dan 154.381 pemilih perempuan. Pemilih tersebut tersebar di 17 kecamatan dengan 914 tps.


Komisioner yang di kalangan penyelenggara akrab dipanggil Buk Nana juga menjelaskan bahwa diantara 300 ribu lebih pemilih tersebut juga terdapat pemilih disabilitas sebanyak 1.406 pemilih, dengan rincian 637 pemilih laki-laki dan 769 pemilih perempuan. 


Hal ini tentu saja menjadi perhatian bagi KPU bagaimana hak pemilih mereka akan tetap tersalurkan.


Yang menarik dari DPT sekarang ini adalah pemilih pemula. Terdapat 14.270 pemilih pemula dengan rincian 7.363 laki-laki dan 6.907 perempuan. 


Pemilih pemula ini adalah masyarakat yang yang belum cukup umur saat pemilihan legeslatif dan presiden 2019, namun setelah dilakukan pemutakhiran meraka dinyatakan sudah memenuhi syarat untuk memilih pada pilkada 2020. Ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat nantinya.


“Kita menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di TPS pada hari Rabu tanggal  9 Desember 2020 nanti,” tutup Buk Nana.


Pewarta : Yahya Efendi

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.