Peduli PEKKA, DP3AKB Kota Pariaman Berikan Pelatihan Tatarias Wajah Dan Rambut

PARIAMAN---Peduli dengan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman memberikan pelatihan tata rias wajah dan rambut yang bertempat di Aula Kantor Bersama Karan Aur Kota Pariaman hari ini Rabu (07/10/2020).


“Hari ini kita memberikan pelatihan kepada PEKKA di Kota Pariaman. Pelatihan ini diberikan bertujuan agar para perempuan tangguh yang menjadi kepala keluarga mempunyai keahlian dan bisa menopang perekonomian keluarga,”ungkap Kepala DP3AKB Nazifah saat membuka pelatihan tersebut.


Pelatihan tata rias wajah dan rambut bagi PEKKA ini merupakan salah satu bukti kepedulian Pemerintah Kota Pariaman terhadap perempuan, khususnya perempuan yang menjadi kepala keluarga karena berbagai faktor. Pelatihan ini juga bisa meningkatkan kapasitas serta pembekalan keterampilan lainnya bagi seorang perempuan kepala keluarga sehingga setelah pelatihan ini PEKKA dapat meningkatkan potensi diri agar lebih mandiri dan berkarya.


“Saat ini masih ada PEKKA di Kota Pariaman yang masih belum ada kesibukan. Adapun faktor menjadi  PEKKA antara lain karena cerai hidup, cerai mati, suami sudah sakit – sakitan atau ditinggal suami tanpa dinafkahi. Oleh karena itu kita sengaja memberikan pelatihan tata rias wajah dan rambut karena kita tau bahwa tidak akan habis masanya untuk sebuah kecantikan jadi para PEKKA bisa memanfaatkan kesempatan itu, “ tambahnya.


Ia berharap semua peserta pelatihan ini betul – betul mengikuti pelatihan dengan baik dan serius sehingga bisa menyerap ilmu – ilmu yang diberikan oleh narasumber dan menjadi bekal untuk bisa membuka usaha sehingga perekonomian keluarga meningkat.


Sementara itu Kepala bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PP dan PA) DP3AKB Kota Pariama Darmi mengatakan bahwa pelatihan tata rias wajah dan rambut ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 7 s.d 8 Oktober 2020 dengan jumlah peserta 30 orang yang telah dibagi di 4 (empat) kecamatan.


“Peserta akan dibekali ilmu tata rias wajah dan rambut oleh narasumber yang telah berpengalaman. Bentuk pelatihannya kita gelar pada pertemuan pertama pemberian materi dan setelah istirahat dilanjutkan dengan praktek sehingga peserta betul – betul memahaminya, “ ungkapnya.


Adapun tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jumlah perempuan kepala keluarga yang memiliki keterampilan terutama dibidang tata rias wajah dan rambut, meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan PEKKA, membuka akses PEKKA terhadap berbagai sumber daya.


“Pelatihan ini yang lebih dipentingkan manfaatnya. Oleh karena itu, kepada peserta setelah mendapatkan pelatihan nantinya tidak berhenti sampai disini. Tapi bagaimana mengimplementasikan pengetahuan yang didapat selama mengikuti kursus, sehingga mampu meningkatkan pendapatan keluarga dan mengurangi pengangguran. Selain itu juga PEKKA mempunyai kegiatan untuk memberikan penghasilan,”tutupnya. 

( KL)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.