Terminal Tipe A Jati Pariaman Ikuti Lomba Terminal Sehat Tahun 2020

 


PARIAMAN --- Terminal Tipe A Jati Pariaman mengikuti lomba terminal sehat Tahun 2020 yang dinilai tim penilai ditingkat pusat, Selasa (13/10/2020).


Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Jati Pariaman Kementerian Perhubungan, Hary Leo Agusta menyampaikan bahwa terminal Tipe A Jati Pariaman mengikuti lomba terminal sehat Tahun 2020 ditingkat pusat


“ Insya Allah, kami telah memiliki kesiapan dan kelayakan yang disyaratkan dalam lomba terminal sehat “, ujarnya.


Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa kesiapan dan kelayakan Terminal Tipe A Jati Pariaman untuk mengikuti lomba, bisa dilihat dari kondisi lingkungan terminal yang sehat dan mendukung upaya peningkatan kesehatan, lingkungan, dan fasilitas.


“ Disamping kondisi lingkungan dan kelengkapan fasilitas, penilaian juga dilakukan pada pelaksanaan protokol kesehatan di terminal. Saat ini Terminal Tipe A Jati Pariaman  sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan area wajib menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik, mengukur suhu tubuh bagi para pengunjung maupun petugas dan pembatasan jarak tempat duduk penumpang diruang tunggu terminal “, ulasnya.


“ Kami berharap bisa meraih hasil maksimal dalam lomba ini. Kami bersama para petugas selalu berusaha sebaik mungkin dalam mengelola terminal serta memberi kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung terminal “, tukasnya.


Ketua Tim Penilai Pusat, Suprayitno menjelaskan bahwa tujuan kedatangan kami adalah  untuk melakukan verifikasi terhadap kondisi sesungguhnya terhadap Terminal Jati Tipe A yang diusulkan sebagai salah satu dari sekian banyak terminal Tipe A diseluruh Indonesia untuk lomba terminal sehat dalam rangka penerapan protokol kesehatan.


“ Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam protokol kesehatan yakni dipastikan setiap penumpang menggunakan masker, sebelum menaiki bus diperiksa suhu tubuhnya, dan harus ada informasi-informasi bagi penumpang yang diperlukan dalam menjaga kesehatan “, ungkapnya.


“ Selain itu harus ada sinergi antara Provinsi Sumatera Barat dan Kota Pariaman dengan pengelola terminal. Kami juga mendapatkan informasi bahwa sinergi tersebut sangat bagus dalam penerapan apalagi Pemerintah Daerah sudah memiliki regulasi dan mendorong agar Covid-19 segera berakhir “, sambungnya.


Diketahui bahwa terminal menjadi salah satu titik yang berpotensi untuk tersebarnya Covid-19. Disini kita memastikan apa yang menjadi prasyarat untuk bisa terhindar dari Covid-19 di Terminal Tipe A Jati Pariaman.


“ Pertama kita melakukan kerja sama dengan Kementrian Kesehatan, Kementrian Perhubungan dan Kementrian Dalam Negeri, jadi kita serentak terjun ke lapangan, verifikasi lapangan setelah menilai di tingkat pusat. Terminal Tipe A Jati Pariaman ini masuk dalam 10 besar di Indonesia dan mudah-mudahan terminal ini bisa menjadi salah satu pemenang dalam lomba ini “, tutupnya. ( KL)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.