Dinkes Kota Pariaman Bentuk Duta Rancak

Walikota Pariaman Genius Umar Saat Acara Duta Rancak


Pariaman---Untuk menjaga kesehatan dan gizi remaja putri di Kota Pariaman yang merupakan aspek penting dalam kehidupan remaja dan menjadi landasan siklus kehidupan manusia, Dinas Kesehatan (Dinskes) Kota Pariaman membentuk Duta Rancak (Remaja Aktif Ngebet Cegah Anemia) Kota Pariaman yang siap membantu mensosialisasikan pentingnya mencegah anemia di sekolah SMP dan SMA se Kota Pariaman.


Pembentukan Duta Rancak ini merupakan perpanjangan tangan dari Dinas Kesehatan agar semua remaja di Kota Pariaman mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Pariaman. Hal itu diungkapkan oleh Plt.Kepala Dinas Kesehatan Nazifa usai peringatan Hari GIzi Nasional (HGN) ke -61 Tahun 2021 di Desa Ampalu Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman hari ini Jum’at (29/1).


“Kita hari ini membentuk duta rancak sebagai pelopor kesehatan remaja. Permasalahan remaja sangat kompleks dan beragam, namun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Inilah yang membuat remaja terkadang tidak memikirkan akan dampak dari permasalahan yang dihadapi. Dengan adanya duta rancak mereka akan selalu mengawasi remaja disekolah masing - masing dan mensosialisasikan pentingnya mencegah anemia apalagi saat remaja, “ ungkapnya.


Duta rancak merupakan pelajar SMP dan SMA di Kota Pariaman yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Mereka bertugas membantu Pemerintah Kota Pariaman untuk memantau teman - temannya dalam meminum tablet penambah darah disekolah 1 x seminggu.


“Duta rancak memang sengaja dibentuk untuk membantu memantau teman - temannya disekolah. Setiap duta rancak diberikan tablet penambah darah secara gratis oleh Pemko Pariaman yang akan dibagikan ke teman - teman disekolahnya. Kemudian mereka akan memantau teman - temannya dalam meminum tablet tersebut. Tugas lainnya adalah memberikan edukasi pada teman - teman di sekolah masing - masing tentang pentingnya tablet penembah darah tersebut, “ terangnya.


Pada peringatan HGN ke-61 Tahun 2021 Kota Pariaman, perwakilan duta rancak dari SMPN 3 Pariaman langsung mendapatkan tablet penambah darah dari Walikota Pariaman Genius Umar yang kemudian akan dibagikan kepada teman - teman disekolahnya.


“Pada kesempatan tersebut, Walikota Pariaman juga menyemangati duta rancak agar selalu bersemangat dan kompak dalam mengkampanyekan cegah anemia. Apapun yang dihadapi dilapangan nanti, Walikota Pariaman siap membantu duta rancak agar tugasnya bisa berjalan lancar, “ tambahnya.


Ia berharap dengan terbentuknya Duta Rancak Kota Pariaman, tidak akan ada lagi remaja di Kota Pariaman terkena anemia karena kesibukannya. Selalu konsumsi tablet penambah darah secara teratur agar remaja sehat dan semangat. Remaja sehat Pemko Pariaman bersemangat.


Pewarta : Harsy Warsilah

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.