Dinsos Pasbar : Tahun 2020 Sebanyak 81.200 dari 116.000 Kepala Keluarga di Pasaman Barat Telah Menerima Bantuan Dampak Corona.

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat Yonnisal. Fhoto : Robi Irwan

Pewarta : Robi Irwan


PASAMAN BARAT---Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar menyebut sekitar 81.200 dari 116.000 kepala keluarga yang tercatat telah menerima bantuan dampak Corona di tahun 2020.


"Sekitar 70 persen atau 81.200 kepala keluarga di Pasaman Barat telah mendapat bantuan langsung tunai karena terdampak Corona," sebut Kepala Dinas Sosial Pasaman Barat, Yonnisal kepada wartawan, Senin (25/1/2021).


Ia mengatakan dana bantuan tersebut bersumber baik dari alokasi dana desa, APBD Kabupaten, APBD Propinsi dan dana dari pemerintah pusat.


"Bantuan dampak Corona ini di tahun 2021, kemungkinan akan dianggarkan pemerintah daerah Pasaman Barat. Namun hingga saat ini belum ada instruksi dari kepala daerah," katanya.


"Namun saat ini, pemerintah nagari sedang melakukan pendataan. Pemerintah pusat telah memerintahkan, agar bantuan dampak Corona dianggarkan dari alokasi dana desa," sambungnya.


Yonnisal menjelaskan untuk penerima bantuan dampak Corona yang bersumber dari alokasi dana desa kali ini tidak merata seperti bantuan kemaren, kali ini disasar untuk warga miskin yang belum tersentuh bantuan apa pun.


"Kemaren kan semua dapat, tanpa menilai kaya atau miskin. Kali ini tidak, dikhususkan warga miskin yang belum pernah sekalipun tersentuh bantuan," jelasnya.


Ia juga mengungkapkan pihaknya dalam bantuan yang bersumber dari alokasi dana desa hanya bersifat mengarahkan, mesinkronkan data dan mengevalusi data yang dibuat nagari.


"Dinas Sosial hanya bersifat membantu, agar tidak terjadi penerima ganda dan kemudian penerima diluar masyarakat miskin. Saat ini setahu saya sedang dilakukan pendataan," ungkapnya. (**)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.