Ini Inovasi Baru Untuk Optimalisasi Pajak Daerah Padang Pariaman

Inspektur Hendra Aswara bersama Kepala Kantor Pertanahan Gatot Teja berkoordinasi persiapan lounching dua inovasi optimalisasi pajak daerah di Parit Malintang, Selasa (2/2)


PARIT MALINTANG---Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan meluncurkan dua inovasi dalam upaya Optimalisasi Pajak Daerah. 


Yakni aplikasi Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (E-BPHTB) secara elektronik dan Pajak Bumi dan Bangunan (e-PBB) secara elektronik.


Inspektur Hendra Aswara mengatakan persiapan launching inovasi tersebut melibatkan Badan Pertanahan Nasional, Notaris dan Bank Nagari, Perangkat Daerah dan Pemerintah Nagari.


“Kita sudah simulasikan aplikasi e-BPHTB dan e-PBB pada Kantor Pertanahan dan BPKD. Apresiasi kepada Diskominfo yang memfasilitasi aplikasi yang sangat bermanfaat bagi daerah. Insha Allah, paling lambat minggu depan kita lounching” ujar Hendra Aswara usai koordinasi dengan Kepala Kantor Pertanahan Gatot Teja di Ruang kerjanya, Parit Malintang, Selasa (2/2/2020).


Menurut Hendra  ke depan bupati berharap notaris/PPAT dan seluruh instansi terkait bersinergi dan berkontribusi dalam menggunakan aplikasi e-BPHTB sehingga terwujud pelayanan cepat, mudah dan sederhana bagi optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD).


“Potensi Pajak BPHTB berkisar 8-9 Milyar, adanya e-BPHTB pelayanan lebih cepat, efektif, dan efesien sehingga PAD bisa bertambah” ujar Hendra didampingi Kabid Penagihan Yondri Lois dan Kabid e-Government Roza Suhendra.


Sementara Kepala Kantor Pertanahan Gatot Teja mendukung upaya pemerintah daerah dalam optimalisasi pajak daerah. 


Kolaborasi antara Pemkab dan BPN diharapkan dapat mewujudkan PAD yang besar dari tahun-tahun sebelumnya.


“Dalam pengurusan sertipikat, kami juga meminta pelunasan PBB dari masyarakat. Artinya, kita juga komit mendukung kebijakan daerah untuk peningkatan PAD,” ujar Gatot. ( RHPP)



Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.