Walkot Pariaman Genius Umar Canangkan Bulan Bakti Gotong-Royong Ke-18

Walikota Pariama Genius Umar Memukul Gong Tanda Dimulainya Bulan Bakti Gotong-Royong Ke-18. Fhoto : Dewi Lestari


Pewarta : Harsy /Dewi Lestari


PARIAMAN---Walikota Pariaman Genius Umar mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-18 dan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 Tahun 2021 tingkat Kota Pariaman yang bertempat di Lapangan Youth Centre (GOR Rawang), Jum’at (12/3/2021).


Acara yang bertemakan  "kita perkuat semangat gotong royong dan mengaktifkan penetapan protokol kesehatan serta memanfaatkan perkarangan dengan hatinya PKK di Dasawisma” ini dihadiri oleh Ketua PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius.


 Ketua GOW Kota Pariaman Ny.Indriati Mardison, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Forkopimda Kota Pariaman, Kepala OPD dilingkungan Pemko Pariaman, Pengurus LKAAM, Bundo Kanduang dan DPD LPM Kota Pariaman dan undangan lainnya.


Dalam sambutannya Walikota Pariaman Genius Umar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan pada kegiatan ini.


Hari ini dicanangkan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 dan BBGRM ke-18 Tahun 2021 Tingkat Kota Pariaman. 


" Ini merupakan kesempatan bagus untuk kita menyatukan tekad bersama untuk memutus rantai covid-19 dengan cara memanfaatkan lahan atau perkarangan kosong dirumah masing - masing untuk menanam apotik hidup atau bibit - bibit lain yang bisa dimanfaatkan bersama, “ ungkapnya.


Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ke-5 dan BBGRM ke-18 Tahun 2021 Tingkat Kota Pariaman oleh Walikota Pariaman Genius Umar bersama para undangan ditandai dengan pemukulan Gong dan dilanjutkan dengan gotong rotong bersama membersihkan lapangan Youth Centre (GOR Rawang) serta menyerahakan piagam kepada Dasawisma berprestasi di Kota Pariaman. 


“Kita mengetahui bersama, bahwa nilai – nilai kegotongroyongan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, perlu terus dilestarikan secara berdayaguna dan berhasil guna, untuk memperkuat integrasi sosial di tengah - tengah masyarakat melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan," ulasnya.


Tim Penggerak PKK dengan Kelompok Dasa Wismanya telah melakukan banyak hal yang hasilnya telah dirasakan oleh masyarakat. 


Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga dan ketahanan pangan, peningkatan pendapatan keluarga, peningkatan pendidikan keluarga, peningkatan kualitas lingkungan 


Peningkatan kualitas kesehatan dan KB yang dilakukan oleh Kader PKK pada keluarga-keluarga sasaran di Desa/Kelurahan. Ini tetap terus dipertahankan bahkan ditingkatkan namun tetap mematuhi protokol kesehatan, “ terangnya.


Penyelenggaraan Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan implementasi terhadap upaya pemeliharaan dan pengembangan semangat kegotongroyongan masyarakat dalam pembangunan Desa/Kelurahan, sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.


Ia menambahkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat merupakan Program dan Kegiatan yang telah dilaksanakan sudah lebih 18 tahun yang lalu. 


Kegiatan ini merupakan cerminan masyarakat kita dan sebagai upaya menanamkan kembali warisan luhur nenek moyang kita yang hampir punah, maka melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat inilah dapat menumbuhkan dan memelihara semangat kegotongroyongan masyarakat ini.


Terakhir ia mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab Kader PKK dengan Kelompok Dasawisma-nya ke depan akan semakin berat.


Mengingat semakin kompleksnya permasalahan sosial kemasyarakatan di kawasan perkotaan, seperti masalah LGBT, penyalahgunaan Narkoba dan Miras, masalah kekerasan dalam rumah tangga dan anak.


Kasus-kasus perceraian serta peningkatan taraf perekonomian keluarga di kawasan pedesaan.Tetap bersemangat, bila terkendala, Pemko Pariaman akan selalu siap membantu. (***)                                                                             


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.