Bertemu Menteri KKP, Genius Umar Sampaikan Lima Usulan Pembangunan Kota Pariaman

Walikota Pariaman Genius Umar Fhoto Bersama Mentri KKP


Pewarta : Fadli/Harsy Warsilah


PARIAMAN - Jelang sepekan kunjungan Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin ke Kota Pariaman guna peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, dimana dalam laporannya, Walikota Pariaman Genius Umar sampaikan langsung beberapa permintaan kepada Pemerintah Pusat untuk mendukung kemajuan daerah Kota Pariaman.


Hal tersebut dibuktikan Genius dalam agenda resmi bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono di Gedung Mina Bahari Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 - Jakarta Pusat yang difasilitasi Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade usai bertemu dengan sejumlah kepala daerah se-Provinsi Sumatera Barat.


Kepada Pak Menteri, Wako Pariaman Genius Umar, Senin (12/4/2021), sampaikan lima proposal terkait usulannya yang disampaikannya kepada Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin sewaktu meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman.


Wako Pariaman, Genius Umar, mengatakan kita telah sampaikan kepada Bapak Wapres KH. Ma’ruf Amin terkait beberapa usulan pembangunan di Kota Pariaman.


“ Ada lima usulan permintaan pembangunan yang saya prioritaskan kepada pak wapres, yakni Pembangunan Pasar Ikan Karan Aur, Pusat Kuliner Talao Pauh, Desa Wisata (Dewi) Bahari, Dermaga Apung Pulau Ujung dan Penanggulangi Abrasi Pantai Pulau Angso Duo,” ujar Genius.


Sebagai tindak lanjutnya, sambung Genius, saya juga sudah sampaikan ke Kementerian PUPR terkait proposal pembangunan, pembangunan Pasar Basah yang merupakan bagian dari Pasar Pariaman, Pembangunan Mesjid Terapung, Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Pulau, serta tambahan kawasan terpadu pantai wisata Ma'aruf Amin yang diterima langsung oleh Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo pada Jumat (9/4/2021) lalu.


Sedangkan untuk usulan pembangunan lainnya yang menyangkut wilayah pesisir pantai, “ hari ini telah kita sampaikan langsung terkait Desa Wisata (Dewi) Bahari, Dermaga Apung Pulau Ujung dan Penanggulangan Abrasi Pantai Pulau Angso Duo serta Pembangunan Pasar Ikan Karan Aur, Pusat Kuliner Talao Pauh kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono,” jelas Genius.


“ Tak hanya itu, dalam pertemuan dengan Pak Menteri KKP, juga dibahas mengenai sinergi dan kolaborasi potensi bahari Sumbar serta menggali potensi perikanan laut dan perikanan tawar untuk menunjang pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi,” ungkap Genius.


Sedangkan untuk kelautan dan perikanan secara maju dan modern, Genius juga sampaikan empat program andalan Kota Pariaman yang telah mulai ia kembangkan, yakni DEWI (Desa Wisata), DEDI (Desa Digital) dan DERI (Desa Bahari) meliputi Desa Apar, Desa Pauh Barat, Desa Taluak dan Desa Marunggi yang kesemua desa tersebut berada di pinggir pantai.


Semoga, imbuhnya lagi, semua usulan pembangunan Kota Pariaman yang kita ajukan ke Pemerintah Pusat ini dapat segera terealisasi dengan cepat, dan meminta kepada masyarakat Kota Pariaman untuk ikut mendoakan dan mendukung upaya-upaya pembangunan yang akan kita lakukan demi meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat Kota Pariaman. 


Hal tersebut, disambut baik Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang ingin mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di daerah. 


Menteri Trenggono menyatakan siap memberi dukungan sarana dan prasarana untuk mendorong produktivitas daerah dalam tata kelola kelautan dan perikanan. 


Pak Menteri tersebut juga berpesan, setiap kegiatan usaha yang akan dibangun harus berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan tidak mengancam keberlanjutan ekosistem laut.(***)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.