Manfaatkan Momen Ramadhan, PEMPTIMJO Santuni Anak Yatim dan Orang Tua Jompo -->

Manfaatkan Momen Ramadhan, PEMPTIMJO Santuni Anak Yatim dan Orang Tua Jompo

Senin, 10 Mei 2021, 20.18.00

 

Penyerahan Bantuan Infak

ULAKAN - Memanfaatkan momentum bulan Ramadhan yang penuh berkah, kaum Milenial yang tergabung dalam Pemuda Peduli Anak Yatim dan Orang Tua Jompo (PEMPTIMJO) Nagari Padang Toboh Ulakan, salurkan bantuan infaq dan sedekah yang berasal dari para perantau Padang Toboh Ulakan dan warga yang berada di kampung halaman.


Dana bantuan infaq dan sedekah senilai Rp. 28.636.000,- tersebut, disalurkan kepada anak yatim dan orang tua jompo bertempat di Surau Korong Koto Jambak Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih, pada Minggu malam (9/5). Hadir dalam acara itu, Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Bakhri, Tokoh Perantau H. Zulkarnain, Ketua PEMPTIMJO Mulyadi beserta anggota, Niniak Mamak dan alim ulama serta Wali Korong setempat.


Sebagaimana disampaikan Ketua PEMPTIMJO, Mulyadi kepada media pada Senin (10/5). Bahwa kegiatan sosial ini sudah berlangsung sejak enam tahun yang lalu, yang pelaksanaannya setiap bulan Ramadhan dilakukan pada satu Korong secara bergiliran dari lima Korong yang ada. 


Selama bulan Ramadhan, pemuda dan pemudi yang tergabung dalam PEMPTIMJO, mengumpulkan infaq dan sedekah dari para perantau dan para dermawan yang berdomisili di Nagari Padang Toboh Ulakan.


"Alhamdulillah, pada bulan Ramadhan 1442 H ini, kita salurkan sebanyak 93 paket bantuan. Terdiri dari 72 orang Tua Jompo, yang menerima masing-masing senilai Rp. 200.000,-. Kemudian, untuk Anak Yatim Piatu sebanyak 21 orang, menerima masing-masing sejumlah Rp. 400.000,-. Semoga infaq dan sedekah yang diberikan ini, bermanfaat dan dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlimpah," katanya.


Ditambahkan Mulyadi, untuk kedepan PEMPTIMJO akan memperluas program dan kegiatan sosial ini. Dalam bentuk bantuan beasiswa bagi pelajar berprestasi dari keluarga yang kurang mampu. Dan akan mencarikan orang tua asuh bagi anak yatim piatu, agar mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


Senada dengan itu, Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Bakhri, mengucapkan terima kasih kepada PEMPTIMJO yang telah memprakarsai kegiatan ini. Sehingga timbulnya semangat berbagi dan rasa kepedulian sesama anak Nagari Padang Toboh Ulakan dan sekitarnya. Begitu juga kepada para donatur yang di perantauan dan di kampung, terima kasih sudah berbagi. Semoga usahanya lancar dan rezeki yang berlipat ganda diberikan oleh Allah SWT. Aamiin.


"Atas nama Pemerintah Nagari Padang Toboh Ulakan, kami mengucapkan terima kasih kepada PEMPTIMJO dan para perantau. Yang telah berkolaborasi dalam menggerakkan program sosial di Nagari yang kita cintai ini. Kita berharap, kegiatan yang berlangsung setiap tahun ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Karena, sudah memotivasi masyarakat untuk saling peduli dan berbagi dengan sesama," ujar Bakhri.


Sementara itu, Tokoh Perantau H. Zulkanain mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan positif ini. Karena PEMPTIMJO sudah menjadi wadah bagi para perantau dan masyarakat di Nagari Padang Toboh Ulakan, untuk menyalurkan infaq dan sedekahnya. Terutama, untuk membantu anak yatim piatu dan orang tua jompo yang ada di Nagari Padang Toboh Ulakan.


"Kita berharap, kegiatan positif ini menjadi wahana kreasi bagi kaum millenial. Dalam rangka menumbuhkan jiwa kepedulian dan solidaritas antar sesama. Serta mampu merencanakan berbagai bentuk kegiatan sosial bagi kaum dhuafa, seperti fakir miskin, orang tua jompo dan anak yatim piatu," jelasnya.


"Menjadi pelaksana dan fasilitator bagi para dermawan dan donatur ini, merupakan suatu tanggung jawab yang sangat berat. Kita haru menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan. Karena itu, diperlukan juga sistem manajemen dan transparansi dalam pengelolaannya. Apabila suatu kegiatan sudah selesai dilaksanakan, PEMPTIMJO harus membuat laporan pelaksanaan kegiatan dan menyampaikan kepada para donatur. Baik yang berada di perantauan maupun di kampung halaman," tutupnya. (AS)

TerPopuler