Yuk Kunjungi Objek Wisata Lubuk Hijau di Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu... Airnya Sejuk dan Jernih Mengalir

 

Inilah Pemandian Lubuak Hijau di Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu.

Kabupaten Padang Pariaman merupakan daerah yang kaya dengan potensi wisata. Mulai dari wisata pantai, air terjun, sungai, serta sejumlah objek wisata perbukitan yang semuanya sangat menarik untuk dikunjungi...


Pada pekan ini penulis mengajak anda untuk bertandang ke Sungai Geringging banyak juga orang Piaman menyebutnya dengan sebut Singgiang.


Sungai geringging salah satu kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang terletak pada kordinat 0.33’00” lintang selatan dan 100.07’00” bujur timur. 


Tinggi kecamatan Sungai Geringging 25-1000 meter diatas permukaan laut. Luas kecamatan ini 99,35 kilometer persegi. 


Banyak sebenarnya objek wisata yang ada di  Kecamatan Sungai Geringing salah satunya wisata pemandian lubuak hijau. Pemandian ini dialiri oleh sungai yang membentang hingga ke Kecamatan Sungai Limau.


Sebenarnya lubuak hijau telah dipakai puluhan tahun oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari namun warga sekitar tidak mempopulerkan pada kalayak ramai. 


Terletak di Palak Tabu Korong Kampuang Kaciak, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging atau sekitar 5 Km dari Kantor Walinagari Sungai Sirah Kuranji Hulu.


Sebelum populer warga sekitar menamakannya sebagai lubuak payuak (periuk) karena ada disatu titik pemandian lubuak itu dahulunya memiliki pusaran air yang bisa memutar siapa yang mandi disini.

 

Airnya Jernih dan Dingin Membuat Badan Menjadi Segar Setelah Mandi-Mandi di Sini


Dua tahun belakangan ini lubuak payuak ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun warga yang datang dari luar kecamatan itu sendiri setiap harinya ada puluhan hingga ratusan pengunjung yang datang kesini.


"Karena airnya berwarna kehijauan maka pengunjunglah yang memberi nama lubuak hijau hal ini ," kata Gindo Ketua pemuda di Korong Kampuang Kaciak.


Untuk akses ke lubuak hijau ini dari rumah warga terdekat kita mesti jalan kaki puluhan meter menyusuri air sungai yang sangat jernih terletak di korong padek nagari sungai sirah kuranji hulu kecamatan sungai geringging kabupaten padang pariaman sumatra barat.  


Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor yang ingin ke lubuak hijau disana ada parkiran yang dijaga oleh pemuda setempat dengan tarif suka rela dimana uang yang didapat juga nanti akan digunakan untuk menjaga kelestarian tempat tersebut.


Bagi pengunjung juga bisa membeli makanan atau minuman di warung-warung warga disekitar lokasi sehingga menjadi pendapatan tambahan untuk mereka.


Lokasi Yang Asri Sangat Menarik Untuk Dikunjungi. 


Disini ada warga yang menjual minuman berbagai cemilan gorengan seperti goreng pisang goreng bakwan yang harganya hanya Rp1.000, ada tea hangat maupun kopi hangat yang harganya juga relatif murah Rp3.000 segelasnya. 


Masyarakat sekitar pemandian lubuk hijau merespon baik jika pemandian ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.



Masyarakat juga mendukung penuh jika rencana untuk pembuatan akses jalan direalisasikan dengan tujuan agar mempermudah  pengunjung untuk langsung sampai ditempat pemandian.



"Sehingga pengunjung tersebut tidak perlu untuk menyisir sungai lagi sehingga pemandian ini jadi ramai dikunjungi tentunya ini juga akan berpengaruh pada masyarakat yang berjualan disekitar pemandian ini,” kata Wali Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Mayuni Dt. Kamulie.


Sementara itu Faisal Tanjung salah seorang  pemuda setempat yang juga ikut berkontribusi besar dalam mempromosikan dan membenahi juga berkeinginan agar pemandian ini dikenal luas oleh masyarakat.


" Sebelumnya kami sudah merencanakan akan dibntuknya pokaris untuk mengelola pemandian ini, namun karena adanya pandemi Covid-19 ini rencana tersebut terhenti untuk sementara waktu dan akan direncanakan kembali setelah situasi dapat dibilang normal," ulasnya 


“Kami telah berencana untuk membentuk pokdarwis dalam mengelola pemadian ini, namun semuanya terhalang karena adanya pandemi in. Kami juga terpaksa menutup sementara pemandian ini karena ini juga wujud dukungan kami kepada pemerintah dalam rangka memutus rantai perkembangan covid-19 di Kabuaten Padang Pariaman," ulasnya.


Pengunjung yang pernah datang kesini tida hanya dari dalam daerah bahkan juga luar daerah seperti pengunjung yang berasal dari Bukittingi sehingga untuk semntara waktu terpaksa pemandian ini ditutup terlebih dahulu.


Ia juga menambahkan selain akan membetuk pokdarwis dan membuat akses jaln untuk mempermudah pengunjung, nantinya juga akan dibuat spot foto disekitaran pemandian sehingga nantinya para pengunjung dapat mengabadikan momen selama berkinjung di pemandian lubuk hijau ini


Pemandian Lubuk Hijau dengan ciri khas yang dimilikinya ini dapat menjadi salah satu potensi wisata di Kabupaten Padang Pariaman hanya dengan menempuh jarak 5 km dari kantor wali nagari pengunjung sudah dapat menkmati segarnya air dan keasrian lingkungan di Pemandian Lubuk Hijau ini. ( Tim)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.