Koto Marapak Wakili Kota Pariaman Lomba Desa Berprestasi Tingkat Sumbar

Wakil Walikota Pariaman Memberikan Sambutan


PARIAMAN---Desa Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman mewakili Kota Pariaman dalam lomba desa berprestasi dinilai oleh tim penilai lomba desa berprestasi Provinsi Sumatera Barat di Kantor Desa Koto Marapak, Rabu (9/6).


Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin dalam sambutannya mengapresiasi kinerja pemerintahan Desa Koto Marapak selama ini. Desa Koto Marapak merupakan salah satu desa yang berprestasi di Kota Pariaman dan layak mewakili Kota Pariaman untuk ikut dalam lomba di tingkat provinsi


“Lomba desa tidak hanya ditujukan untuk meraih hasil akhir lomba, tetapi jauh lebih penting adalah harapan agar kinerja aparat dan masyarakat dapat terjalin dengan baik dan berkesinambungan. Kegiatan dan lomba juga sekaligus untuk melihat dan mengevaluasi perkembangan desa sesuai aturan yang ada, “ ungkapnya.


Keberhasilan Desa Koto Marapak menjadi wakil Kota Pariaman ditunjang keberhasilannya dalam menjalankan berbagai program pembangunaan. Aspek lain yang turut memberikan apresiasi positif adalah hasil kinerja aparatur Pemerintahan Desa, lembaga kemasyarakatan dan masyarakat Desa Koto Marapak dalam upaya meningkatkan taraf hidupnya dalam 2 (dua) tahun terakhir.


“Hal itu terlihat dengan baik dari capaian kinerja skala priorits di Desa Koto Marapak. Perlombaan desa hakekatnya adalah pelaksanaan kebijakan dan program pemberdayaan masyarakat, yaitu meningkatkan kemampuan masyarakat dan memberikan wewenang secara proposional kepada masyarakat untuk mengambil keputusa, “tambahnya.


“Dengan dilaksanakan penilaian ini,diharapkan kepada perangkat desa, pengurus LPM dan semua yang terlibat dalam penilaian untuk bisa memaparkan secara objektif. Tunjukan apa keberhasilan yang selama ini telah diraih sehingga tim penilai bisa melakukan penilaian dengan semaksimal mungkin. Selamat datang kepada tim penilai semoga dengan adanya penilaian ini, dapat membangkitkan motivasi dan semangat Pemerintahan Desa/Kelurahan lainnya di Kota Pariaman, “ tutupnya.  


Sementara itu Ketua tim penilai lomba desa berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 Azwar mengatakan bahwa Pemerontah Kota Pariaman sampai saat ini telah berhasil menggali potensi - potensi yang ada sampai ketingkat desa/kelurahan sehingga bisa membangkitkan perekonomian masyarakat meskipun masih berada pada msa pandemi Civod-19.


“Dasar pelaksanaan lomba ini adalah Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan kelurahan. Ini merupakan perlombaan yang tersusun mulai dari pusat sampai kedesa, nagari dan kelurahan sehingga siapun pemenangnya pada tingkat nasional akan diundang mengunjungi istana negara Jakarta apabila Covid-19 telah berlalu, “ ungkapnya.


Adapun penilaian yang dilakukan meliputi Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi Masyarakat Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kapasitas Masyarakat, Bidang PKK dan Bidang Kelembagaan Pastisipasi Masyarakat.


Ia berharap dengan adanya kegiatan ini desa/kelurahan dapat bangkit, sehat, maju dan sejahtera dimasa pandemi Covid-19. ( R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.