Pemkot Pariaman Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Penghormatan Kepada Sang Saka Merah Puti


PARIAMAN---Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Pemerintah Kota Pariaman mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara Virtual. Upacara dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di istana kepresidenan bogor dan dihadiri oleh Menteri dari ruang kerja masing - masing serta pengibaran bendera dari halaman Gedung Pancasila Jakarta, Selasa (1/6).


“Hari ini kita semua memperingati Hari Lahir Pancasila. Melihat situasi sekarang dengan menggali nilai - nilai yang ada, kita bangkitkan lagi semangat bagaimana berbangsa dan bernegara yang jauh lebih baik. Nilai inilah yang harus dilanjutkan oleh para gerenari muda Kota Pariaman kedepannya agar bisa menjawab tantangan hidup yang akan lebih keras lagi, “ ungkap Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pariaman Yaminurizal usai melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila diruang Rapat Walikota Pariaman.


Kota Pariaman dan Daerah lain saat ini masih dalam pandemi covid-19. Ini adalah tugas semua elemen untuk memutus perkembangan Covid-19. Dengan memaknai Hari Lahir Pancasila, Bersatu dan bersama melawan corona sehingga akan membawa Indonesia umumnya dan Kota Pariaman khususnya keluar dari Covid-19.


“Kepada semua masyarakat Kota Pariaman, mari kita laksanakan nilai - nilai Pancasila dalam kehidupan sehari - hari apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga apa yang telah diperjuangkan oleh para Pahlawan, akan dirasakan manfaatnya. Pemko Pariaman akan selalu melakukan yang terbaik agar seluruh masyarakat di Kota Pariaman bisa maju dan sejahtera. Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Mari kita junjung tinggi dan mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila“ tutupnya.


Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat memberikan amanat pada Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 mengatakan bahwa dalam memperingati Hari Lahir Pancasila harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai - nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


“Walaupun pancasila telah menyatu sepanjang RI ini berdiri, namun tantangan yang dihadapai tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya persaingan baik persaingan antar pandangan, nilai - nilai dan ideoligi yang memasuki lini masyarakat dengan berbagai cara,’ Ungkapnya.


Ia mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai - nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita - citakan. 


Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 di Ruang Rapat Walikota juga dihadiri oleh Kodim 0308 Pariaman. Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dilaksanakan serentak mulai pukul 07.45 Wib. Acara dihadiri secara daring (online) oleh pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, Kementerian, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Perwakilan RP di luar negeri dan para tokoh.(R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.