Terkait Pendataan Penduduk 2021, Kepala BKKBN Sumbar Kunjungi Pariaman -->

Terkait Pendataan Penduduk 2021, Kepala BKKBN Sumbar Kunjungi Pariaman

Selasa, 08 Juni 2021, 16.31.00

Walikota Pariaman Genius Umar Menerima Kunjungan Kepala BKKBN Sumbar di Ruang Kerjanya. 

PARIAMAN---Walikota Pariaman, Genius Umar menerima kunjungan dari Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati, dalam rangka Pendataan Keluarga (PK) 2021, yang sedang dilakukan serentak di seluruh indonesia. Bertempat di ruang kerja walikota, Balaikota Pariaman, Selasa (8/6).


Pendataan Keluarga 2021 dilakukan dalam rangka Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) adalah program yang berfokus dan menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan, dimana program ini mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana berkeluarga, mempunyai anak, mempunyai pendidikan sehingga terbentuk keluarga-keluarga yang berkualitas. 


"Pendataan keluarga ini agar mendapatkan indeks pembangunan keluarga dan juga termasuk angka stunting di daerah kita," ujar Genius Umar.


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Pendataan Kependudukan Kota Pariaman tahun 2021, telah mencapai 99,44 persen, yang berarti hanya tinggal 0,56 persen yang belum, tuturnya.


"Kepada DP3AKB dan Dinas Kesehatan, agar selalu mensosialisasikan stunting, termasuk juga ke radio radio. Untuk angka Stunting kota Pariaman sendiri, saat ini diangka 9 persen, dan kami menginginkan agar dapat terus kita tekan hingga mencapai 5 persen," tukasnya.


Kota Pariaman telah mengadakan kursus pra-nikah, dan juga bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, telah menerbitkan 11 Dokumen, yang menjadi salah satu inovasi kita saat ini, ulas Genius Umar.


"Pendataan ini dilakukan oleh tim pendata yang telah dilatih oleh pusat,  dengan sistem pendataan by name by adress, dan kita juga mempunyai serta Mengoptimalan Forum Genre, untuk mensosialisasikan kepada teman-teman sebayanya, dan saya juga mengharapkan agar data ini dapat dilengkapi dengan data lainya yang disesuaikan dengan dunia saat ini, dengan memaksimalkan peran IT dan aplikasi yang ada," tutupnya. (R/Harsy)

TerPopuler