Genius Umar : Kita Targetkan Kota Pariaman Bisa Masuk 10 Besar IGA 2021 -->

Genius Umar : Kita Targetkan Kota Pariaman Bisa Masuk 10 Besar IGA 2021

Rabu, 04 Agustus 2021, 16.44.00

 

Walikota Pariaman Genius Umar Memberikan Sambutan

PARIAMAN---Untuk memaksimalkan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Walikota Pariaman, Genius Umar terus menggenjot inovasi OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman. 


Tidak tanggung-tanggung, Ia menargetkan Kota Pariaman bisa masuk 10 besar Inovasi Government Award (IGA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 


"Inovasi ini tujuannya untuk bisa memberikan pelayanan optimal pada masyarakat. Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Kemedagri, RI. juga memberikan penghargaan kepada daerah yang memiliki inovasi menarik. Bagi daerah yang memiliki masuk dalam penilaian 10 besar, akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID). Dana ini sangat kita butuhkan sekarang karena sejak pandemi ini, kondisi keuangan sangat minim," katanya saat mengikuti webinar Best Practice Inovasi Daerah Pengukuran dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021 secara virtual di ruang rapat Walikota Pariaman, Rabu (4/8).


Dikatakan wako, daerah yang masuk ke dalam kategori 10 besar inovasi terbaik akan dapat dana insentif sebesar Rp.9 milyar dan ini bisa menutupi defisit anggaran di daerah dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang ini.


Oleh sebab itu, Genius mendorong masing-masing OPD membuat 10 inovasi untuk didaftarkan pada IGA Tahun 2021. Hingga saat ini sudah 108 jumlah judul inovasi OPD. Inovasi tersebut nantinya untuk diperlombakan dalam IGA Tahun 2021.


Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari kewajiban pemerintah untuk mengembangkan invensi dan inovasi. Pemerintah pusat dan daerah wajib menggunakan hasil invensi dan inovasi nasional dalam melakukan pembangunan. Ini seperti diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sisnas Iptek, selain itu juga didukung oleh PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang inovasi daerah.


“Sejak reformasi birokrasi pelayanan menjadi semakin efektif, nyaman dan cepat ,” tutup wako. (R/Harsy)

TerPopuler