Pemuda Milenial Desa Tanjung Sabar Dilatih Menyablon Gelas -->

Pemuda Milenial Desa Tanjung Sabar Dilatih Menyablon Gelas

Selasa, 03 Agustus 2021, 09.57.00
Walikota Pariaman Genius Umat Bersama Peserta Pelatihan di Desa Tanjung Sabar


PARIAMAN---Sebanyak 25 orang pemuda milenial Desa Tanjung Sabar dilatih menyablon gelas.  Selama sepuluh hari mereka dibekali dengan keterampilan menyablon gelas menggunakan aplikasi CorelDraw di Kantor Desa Tanjung Sabar dari tanggal 19 Juli hingga 2 Agustus 2021.


Walikota Pariaman, Genius Umar menegaskan bahwa generasi muda Kota Pariaman harus memiliki skill (keahlian) dan kreatifitas. “Setelah pelatihan ini, masing-masing peserta harus punya produk dengan desain unik dan menarik”, ujarnya ketika menutup pelatihan tersebut di Kantor Desa Tanjung Sabar (2/8).


Genius berharap pelatihan tersebut tidak habis begitu saja, selesai pelatihan peserta dapat memulai usaha bisnis sendiri dan harus ada karya yang bernilai ekonomis.


“Instansi terkait juga harus bisa membantu membentuk kelompok-kelompok usaha untuk mendapatkan akses perbankan sehingga kita bisa berkembang”, sambungnya.


Wako Genius mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Tanjung Sabar ini.


“Semoga pemuda di desa ini aktif dan produktif serta tidak ada lagi yang menganggur,” ujar beliau dalam mengakhiri sambutannya.


Sementara Pj. Kepala Desa Tanjung Sabar, Risman melaporkan bahwa peserta pelatihan berasal dari pemuda yang putus sekolah dan menganggur.


 “Diharapkan kedepannya mereka bisa membuka usaha sendiri sehingga bisa menurunkan angka pengangguran di desa ini ,” ujar Mantan Sekretaris Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman ini.


Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Pariaman Utara, Alhidayat yang menjadi narasumber dalam pelatih tersebut mengatakan, tema pelatihan ini adalah membuat desain Sablon Gelas dengan aplikasi CorelDraw di komputer.


“Selama pelatihan ini peserta sangat antusias dan semangat, kemampuan mereka sangat bagus karena rata-rata peserta merupakan kaum milenial dan paham cara mengaplikasikan CorelDraw dan bisa mengoperasikan komputer ,” terangnya.


Hidayat mengatakan, sebelumnya pelatihan ini sudah dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Pariaman Utara ini. Alhamdulillah dari hasil pelatihan tersebut, sebagian peserta sudah bisa membuka usaha sendiri atau bekerja di perusahaan percetakan (advertising) ,” tutupnya.


Diakhir acara, Wako Genius Umar didampingi Pj Kepala Tanjung Sabar Risman dan Kepala BPD, Dartansyah menyerahkan penghagraan berupa piala, sertifikat dan medali kepada para pemenang dengan desain terbaik sablon gelas. (R/Harsy)





TerPopuler