-->
  • Jelajahi

    Copyright © Bangun Piaman.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dirjen Dukcapil Kemendagri Terkesan Dengan Penataan Ruangan Disdukcapil Padang Pariaman, Kecil Tapi Menarik

    Redaksi
    Kamis, 14 Oktober 2021, 20.32.00 WIB Last Updated 2021-10-14T13:44:01Z

    PARIAMAN---Sehari setelah menerima penghargaan sebagai Disdukcapil Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mendapat kunjungan dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Prof Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, SH, MH pada Kamis pagi, 14 Oktober 2021. 


    Zudan dalam kunjungannya disambut oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM di Prisma Room Dukcapil. Turut hadir mendampingi Tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kepala Dinas, Drs. Besri Rahmad, MM, Sekretaris, Puti Reno Sari, Kabid Pendaftaran Penduduk Adek Putra, SH, Kabid PIAK Isnandar, S.Pt. 


    Zudan melakukan monitoring langsung terhadap pelaksanaan layanan administrasi kependudukan secara online yang sudah dikembangkan oleh Disdukcapil Padang Pariaman sejak akhir 2019. 



    Hal ini dilakukan dengan menanyakan langsung kepada operator yang menangani pelayanan online. Salah satu pelayanan yang menarik bagi Zudan adalah adanya penanganan layanan pengaduan oleh petugas khusus. 


    Semua area pelayanan Disdukcapil dijajaki oleh Zudan dan menyapa masing-masing petugas pelayanan. Kepala Disdukcapil Padang Pariaman M. Fadhly, S. STP, MM juga menjelaskan tentang inovasi pelayanan Sabtu Minggu yang dilengkapi dengan lucky draw kepada setiap perekam data pemula. Lucky draw diberikan dalam bentuk tumbler kepada yang beruntung. “Saya suka dengan ide brilian seperti ini” ungkap Zudan


    Dalam pertemuan dengan seluruh jajaran Disdukcapil Padang Pariaman di Prisma Room Zudan menyampaikan ungkapan kegembiraannya. 


    “Sejak 2017 saya selalu ke Sumatera Barat dan Padang Pariaman, tetapi tidak pernah ke kantor Dukcapil Padang Pariaman. Baru tahun ini kesampaian ke kantor ini, dan saya sangat senang sekali, walaupun kantor yang kecil tetapi penataan ruangnya sangat menarik,” ulasnya.



    Dengan kinerja Dukcapil Padang Pariaman, Zudan menyampaikan harapannya kepada Fadhly untuk bisa memberikan ilmunya kepada Dukcapil di seluruh Indonesia terkait pengelolaan inovasi dengan pengembangkan layanan digital. Sebagai Dukcapil level IV, maka Kadis harus berbagi ide kepada Dukcapil lain yang masih berada di level dibawahnya.


    Lebih lanjut Zudan mengatakan “Secara khusus saya berpesan kepada Sekretaris Dinas tetap menjadi team yang solid bagi organisasi. Sekdis adalah leher bagi organisasi selaku koordinator organisasi untuk tiga aspek yaitu sumber daya manusia, barang dan uang. Sehingga dengan tiga aspek tersebut organisasi berjalan dengan baik.” 


    Lebih lanjut dalam pemaparannya Zudan menyampaikan organisasi Disdukcapil layaknya sebuah tubuh, masing-masing memiliki kontribusi terhadap kemajuan organisasi. 


    Ada yang berposisi sebagai kepala, leher, badan, dan kaki. Kaki peran yang sangat vital untuk pergerakan roda organisasi. 


    Kaki memiliki peran untuk menekan rem, kopling, dan gas sehingga laju kendaraan mencapai tujuan bisa stabil.


    Pada akhir sambutannya Zudan berpesan kepada seluruh jajaran Disdukcapil untuk selalu menjaga kekompakan tim. Semua tim Disdukcapil merupakan elemen penting yang saling menguatkan satu sama lain. 




    Acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh jajaran Dukcapil. Terakhir Zudan mengapreasi model ruang kerja Disdukcapil, yaitu Coworking Space Room. 


    Di ruangan ini Zudan berkesempatan menyapa administrator Database Disdukcapil Zulhari, ST dan seluruh  tim kreatif. Selesai acara di Disdukcapil, Zudan bersama rombongan Disdukcapil Provinsi Sumatera Barat melanjutkan kunjungan ke Disdukcapil Kota Pariaman. ( R/Wis)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini