Bupati Suhatri Bur Resmi Membuka Open Turnamen Catur H.Mahyuddin Cup I

 


LIMPATO SUNGAI SARIAK---Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE MM, secara resmi buka Open Turnamen Catur Haji Mahyuddin CUP I Tahun 2021 di Nagari Limpato Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (18/12/2021) kemarin. 


Tampak hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Jon Kenedy, S.Sos. MM. Kadis Kominfo Zahirman, S Sos. MM. Ketua Pakar H. Mahyuddin, Ketua Pengprov Percasi Sumbar, Ketua KONI Padang Pariaman Ahmad Syukri, Ketua Percasi Padang Pariaman Syofyan serta tokoh-tokoh masyarakat VII Koto Sungai Sariak.


Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya saat membuka turnamen. Mengucapkan terima kasih pada panitia dan sponsor open tournament catur Se-Sumatera Barat ini.  Beliau mengatakan, pada saat kegiatan olahraga lesu oleh wabah covid-19, muncul seorang tokoh masyarakat mensponsori dan mendanai sepenuhnya sebuah open turnamen guna membangkitkan olahraga catur di Sumatera Barat. Untuk itu, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi upaya dan kegiatan ini, serta mengharapkan kepada KONI agar menjadikan kegiatan ini sebagai kalender tahunan olahraga di Padang Pariaman.


“Saya tahu betul dengan Ajo Mahyuddin yang mensponsori turnamen ini, seorang tokoh yang sangat peduli dengan kegiatan sosial kemasyarakatan, agama dan budaya serta perekonomian selama ini. Pada hari ini beliau kembali menginisiasi dan berbuat untuk masyarakat dibidang olahraga catur. 

Tentu tidak salah kiranya nanti Pemerintah Daerah memberikan penghargaan atas jasa dan kepeduliannya bagi masyarakat Padang Pariaman”, ulas Bupati yang disambut tepuk tangan hadirin. 


Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Padang Pariaman itu juga menganalogikan bahwa, membina suatu cabang olahraga sehingga berprestasi, memang membutuhkan kerja keras dan memerlukan pengorbanan. 


Keuletan para pembina atau pelatih dalam membimbing atlet, merupakan proses jangka panjang yang memiliki beragam tantangan dan hambatan, sehingga perlu dikondisikan secara sadar, terarah dan terukur.


“Oleh karena itu, terobosan-terobosan terhadap berbagai alternatif pembinaan yang dilakukan oleh H. Mahyuddin patut kita hargai dan hendaknya diikuti oleh cabang-cabang olahraga lainnya. Agar pembangunan di bidang olahraga dapat dirasakan oleh masyarakat dan dirancang sejak dini serta dilaksanakan secara benar, berjenjang dan berkesinambungan dalam mewujudkan Padang Pariaman Berjaya,” sebutnya.


Sebelumnya, H. Mahyuddin selaku Ketua penyelenggara yang juga sponsor utama menyambut baik keinginan Bupati Padang Pariaman agar kegiatan ini menjadi kalender KONI Padang Pariaman. 


"Open Tournament Catur H. Mahyuddin CUP I ini merupakan event catur tingkat Sumatera Barat dan Turnament ini akan diselenggarakan setiap tahun, memperebutkan piala bergilir Haji Mahyuddin CUP", katanya.


Dikatakan bahwa tujuan diadakan tournament catur ini, disamping meningkatkan prestasi dan membangkitkan semangat olahraga catur dimasa pademi covid-19, juga untuk menjalin silaturrahmi para insan olahraga se-Sumatera Barat. 


"Makanya open tournament ini akan kita jadikan agenda resmi Percasi Padang Pariaman", jelas owner RM. Putra Minang Group.


Kemudian H. Mahyuddin menegaskan, bahwa penyelenggaraan open tournament ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dimana seluruh peserta wajib memakai masker, mengunakan handsanitaizer sebelum main. Pengaturan meja dan jarak antar pemain, serta peralatan pertandingan yang sudah dibersihkan dengan disinfectan. 


"Open Tournament Catur ini berlansung dari tanggal 18-19 Desember 2021 yang diikuti 82 peserta dengan 3 kelas pertandingan yaitu tingkat Senior Putra, Senior Putri serta Pelajar SLTA dan Pelajar SLTP. Peserta yang terdaftar berasal dari 13 Kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 16.500.000", terang Ketua IKK VII Koto Jaya ini. (Prokopim/ZK)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.