Kompak Dua Kepala Daerah Piaman Hadiri Pengukuhan dan Rakerwil DPW PKDP Riau

 


PEKANBARU----Dua Kepala Daerah Piaman,  Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Walikota Pariaman Genius Umar serta Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menghadiri acara Pengukuhan Pengurus dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I DPW PKDP Provinsi Riau periode 2021 - 2026,  Sabtu (11/12/2021)  kemarin di Hotel Arya Duta Pekanbaru.


Hadir dalam acara itu, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol. Jendri Ginting, Ketua TP. PKK Kabupaten Padang Pariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Kota Pariaman Indriati Mardison, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau dan Ketua Ikatan Keluarga Kampung di Sumbar se Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru serta rombongan Perangkat Daerah dari Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.


Dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan itu, Bupati Suhatri Bur mengatakan, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman tidak terlepas dari peran dunsanak di perantauan. 


Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja, Bupati mengajak dunsanak yang telah sukses di rantau untuk menanamkan investasinya di kampung halaman.


"Saat ini Kabupaten Padang Pariaman terus membangun melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, Disamping pembangunan fisik kita juga melakukan pembinaan mental spiritual, dengan mengaktifkan didikan subuh di setiap mesjid Nagari dan surau Korong serta melakukan Jum'at Balega ke setiap Nagari untuk mendengar aspirasi dari masyarakat Nagari setempat," jelas Suhatri Bur.


Bupati Suhatri Bur juga menyampaikan visi dan misi Padang Pariaman Berjaya, yang merupakan singkatan dari unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya. Dan beliau menjelaskan maksud dan makna yang terkandung dari keempat kata yang ada dalam "Berjaya" tersebut.


"Kita telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Padang Pariaman yang kita cintai ini, mengacu kepada visi Padang Pariaman Berjaya. Dimana, kita harus unggul di berbagai bidang dan berkelanjutan dalam pelaksanaan pembangunan. Kemudian, kesejahteraan masyarakat menjadi prioritas utama, dengan menanamkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan masyarakat yang religius. Tetap memelihara tatanan adat salingka Nagari dan seni budaya yang ada di tengah masyarakat," ujar mantan Ketua BAZNAS Padang Pariaman ini.


Bupati juga menegaskan, bahwa jembatan Lubuak Napa yang yang rusak dihantam banjir beberapa tahun lalu dan menghubungkan Kecamatan Padang Sago dan Kecamatan Patamuan. Pembangunannya akan dilaksanakan pada tahun 2022 dengan biaya APBD Kabupaten Padang Pariaman.


"Insyaallah, jembatan Lubuak Napa yang sudah lama tidak bisa dilewati kendaraan roda empat karena rusak dihantam banjir beberapa tahun lalu. Kita sudah sudah anggarkan dalam APBD tahun 2022 dan tahun depan sudah mulai dilaksanakan pembangunannya. Mohon do'a dunsanak agar pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar," ungkapnya.


Ketua Panitia dr. H. Khairul Nasir, Sp.OG. dalam laporan pelaksanaan Alek Akbar PKDP Riau ini, menyampaikan kegiatan ini terselenggara berkat dukungan semua pihak serta semangat dari warga Piaman di kota Pekanbaru dan Provinsi Riau umumnya untuk mempererat tali silaturrahmi. 


"Terima Kasih atas kehadiran Bapak Bupati Padang Pariaman, Walikota dan Wakil Walikota Pariaman yang menjadi spririt bagi kami warga PKDP. Sebagaimana Tema yang kita usung pada kegiatan ini, yaitu "Bersama PKDP kita tingkatkan ekonomi, SDM, serta adat dan budaya menuju masyarakat PKDP yang bermarwah, baik di ranah dan di rantau. Serta sejalan dengan Motto PKDP, Ka mudiak saantak galah, ka hilie sarangkuah dayuang", ungkapnya.


Adapun susunan Pengurus DPW Provinsi Riau periode 2021-2026 yang dikukuhkan pada hari itu, diantaranya. Sebagai Ketua Dewan Penasehat, Kombes Purn. Drs. H. Amli Kalis, SH. dan Ketua Dewan Penyantun H. Arizal Azis. 


Berikut susunan Pengurus Harian, sebagai Ketua H. Herman Nazar, SH. MSi. dan Wakil Ketua H. Amran Tambi, Abdul Haris, Musdalil Amri, Delfi Sofriadi, H. Nofridon Nurman, Syahrial Alidin, Novrizal Ali Akbar, Zainil Albaiza. Sekretaris dijabat oleh Drs. H. Martius Gusti, MM. MH. dan Bendahara dr. H. Khairul Nasir, Sp.OG. yang juga ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan ini.


Dalam kesempatan itu, Pengurus DPW Riau langsung dikukuhkan oleh Walikota Pariaman Genius Umar dan penyerahan Pataka atau bendera PKDP  juga dilakukan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur kepada Ketua PKDP Herman Nazar.


Kegiatan yang berlangsung sehari penuh itu, dilanjutkan dengan rapat kerja wilayah hingga sore. Dan malam harinya digelar pertunjukan kesenian, dengan penampilan sanggar Darak Badarak dari Kota Pariaman dan permainan Kesenian Irama Minang (KIM) yang disebut juga dengan istilah dendang berhadiah. (Prokopim)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.