Wali Kota Genius Umar Serahkan Alsintan Kepada 8 Kelompok Tani

 


PARIAMAN --- Walikota Pariaman Genius Umar serahkan 8 unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 8 Kelompok Tani di Kota Pariaman, bertempat di UPT BPPP (Unit Pelaksana Teknis Balai Pelaksana Penyuluh Pertanian) Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Rabu siang (22/12/2021).


"Adapun Alsintan yang diserahkan diantaranya, 3 unit Handtraktor yang bersumber dari Pokir (Pokok pikiran) Anggota DPR RI, Hermanto dan 5 unit Cultivator, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI, dimana mereka sebelumnya telah datang ke Kota Pariaman," ujarnya.


Genius berharap bantuan Alat dan Mesin Pertanian atau biasa disebut Alsintan dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik oleh kelompok tani yang mendapatkan bantuan ini.


"Perjuangan saya dan rekan-rekan OPD Kota Pariaman dalam membangun Water Front City (WFC) membuahkan hasil yang baik, dimana hari ini, kita mendapatkan bantuan alat pertanian dari Kementrian Pertanian dan Anggota DPR RI, yang nantinya untuk Kecamatan Pariaman Selatan akan dikonsep untuk menjadi Kawasan Pertanian Terpadu atau Integrated Farmer System," ungkapnya.


Integrated Farming System (sistem pertanian terintegrasi) menjadi konsep pengembangan pertanian yang saat ini sedang kita bangun di Kota Pariaman yang kita cintai ini.


"Integrated Farming System sendiri merupakan sistem pertanian dengan upaya memanfaatkan keterkaitan antara tanaman perkebunan, pangan, hortikultura, hewan ternak dan perikanan, untuk mendapatkan agro ekosistem, yang mendukung produksi pertanian (stabilitas habitat), peningkatan ekonomi dan pelestarian sumber daya alam," jelasnya.


Genius juga menekankan agar bantuan  Alat dan Mesin Pertanian yang diserahkan hari ini untuk 8 Kelompok Tani di Kota Pariaman, sehingga hasil yang didapat dari pertanian terintegrasi atau terpadu ini, akan meningkatkan kesejahteraan kelompok petani yang ada di Kota Pariaman. ( R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.