Ini kata Bupati Suhatri Bur Pada Tasyakuran HAB Kemenag Ke-76


PATAMUAN
----Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM menghadiri acara tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama (Kemenag) ke 76 tingkat Kabupaten Padang Pariaman, bertempat di Aula MTsN 04 Padang Pariaman di Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan,  Senin (03/01/2021).


Acara yang digelar usai upacara bendera peringatan HAB itu, dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Padang Pariaman H. Syafrizal, SAg. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan  Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman Anesa Satria SH MM.  


Juga dihadiri Kasubag Tata Usaha Kemenag Epi Mayardi, MAg, Sekcam Patamuan, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) beserta anggota, para Kasi dan Peyelenggara Zakat Wakaf (ZAWA), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kabupaten Padang Pariaman, Pengawas Madrasah dan PAI dan Kepala Madrasah se Kabupaten Padang Pariaman.


Bupati Suhatri Bur pada kesempatan itu atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman mengucapkan selamat Hari Amal Bhakti Kementrian Agama ke 76 kepada seluruh jajaran Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman. 


Bupati berharap, semoga Kementrian Agama tetap menginspirasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.


"Sehingga, Transformasi Layanan Umat yang menjadi tema HAB tahun ini akan cepat terlaksana dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat," ulas Bupati.

 

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan kepada Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman bahwa Surat Hibah Tanah dan Gedung bangunan bekas UPTD PU wilayah III Sicincin telah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Padang Pariaman. 


Tanah yang berlokasi di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung tersebut, akan digunakan untuk pengembangan area perkantoran Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Padang Pariaman. 


"Semoga, aset ini bermanfaat untuk kepentingan umat dan dapat segera dilaksanakan pembangunannya. Karena, apabila dalam waktu 3 tahun tidak digunakan atau dibangun, maka aset tersebut akan kembali menjadi milik Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman," tambah Bupati Suhatri Bur.


Bupati juga mengucapkan selamat kepada Kepala Kantor Urusan Agama, yang telah berhasil menggerakkan tim kerjanya. 


Sehingga berhasil meraih penghargaan untuk tiga kategori Pelayanan, dari empat kategori yang ada. Yakni kategori Pelayanan Sangat Baik, Baik dan Cukup. Sementara untuk kategori Pelayanan Prima, belum ada satupun KUA dapat mencapainya. Karena, KUA belum dapat memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan untuk itu.  


Dikatakan Bupati, untuk kategori Pelayanan Sangat Baik berhasil diraih oleh 3 KUA, yaitu KUA Kecamatan Anam Lingkuang, KUA Kecamatan  2x11 Enam Lingkung dan KUA Kecamatan Padang Sago. Sedangkan untuk kategori Pelayanan Baik diraih oleh 5 KUA dan Kategori pelayanan Cukup diperoleh 9 KUA.


"Bagi KUA dengan Kategori Pelayanan Baik dan Cukup, diharapkan untuk terus meningkatkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat ini. Sehingga, kita dapat melayani semua proses pernikahan secara terintegrasi di wilayah kerja masing-masing," tutupnya.


Senada dengan itu, Kepala Kantor Kemenag Syafrizal mengatakan, saat ini Kementrian Agama sedang melakukan transformasi dalam berbagai bidang, termasuk program kerukunan umat beragama dan moderasi beragama. 


"Alhamdulillah di Kabupaten Padang Pariaman kerukunan umat beragama sudah berjalan dengan baik, dengan telah terbentuknya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)," jelasnya. 


Dia mengharapkan, Bupati Padang Pariaman dapat memfasilitasi anggota FKUB yang akan melakukan studi tiru ke Provinsi Sumatera Utara. Dikatakan bahwa kegiatan itu, merupakan kunjungan balasan dari kunjungan mereka beberapa waktu lalu ke Kabupaten Padang Pariaman.


Sebelumnya, Ketua Panitia HAB Kemenag ke 76 Epi Mayardi, MAg. melaporkan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Kabupaten Padang. 


Yakni, berbagai lomba dan pertandingan yang di ikuti oleh ASN dan guru-guru di lingkungan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, upacara bendera peringatan HAB dan tasyakuran serta penyerahan hadiah pemenang lomba dan pertandingan yang sudah dilaksanakan.


"Berbagai pertandingan dan lomba tersebut, diikuti oleh ASN dan guru-guru serta antar KUA dan pondok pesantren di jajaran Kantor Kementrian Agama Kabupaten Padang Pariaman. Adapun cabang lomba dan pertandingan yang digelar diantaranya, Sepak Takraw, Badminton, Tenis meja, Catur dan Tahfizh Qur'an, Musabaqoh Syahril Qur'an serta Kotbah Bahasa Arab, " ujar Tk. Epi menutup pembicaraan. (Prokopim/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.