Lulusan Perdana Program SAGA SAJA Berterima Kasih Kepada Wali Kota Genius Umar


PARIAMAN --- Sebanyak 14 Orang Lulusan Politeknik Negri Padang (PNP) Program  SAGA SAJA (Satu Keluarga Satu Sarjana) asal Kota Pariaman, Audiensi dan mengucapkan terimakasih kepada Walikota Pariaman, Genius Umar, bertempat di ruang rapat walikota, Balaikota Pariaman, Selasa sore (18/01/2021).


Mereka ini adalah lulusan perdana Program SAGA SAJA yang berasal dari kampus PNP, dimana program ini digagas oleh Genius Umar ketika masih menjabat Wakil Walikota Pariaman, yang merupakan janji kampanyenya dahulu ketika maju menjadi Walikota, pada Pilkada Kota Pariaman 2018 yang lalu.


14 orang tersebut adalah M. Aqil Majid, Hafiz Ramadhika dan Riyan Putra Fernando lulusan D3 Teknik Listrik. Putri Ramadhani, Adek Roy Farma, Yohanda Waja Putra, Novita Sari dan Arif Rahmad Setiawan lulusan D3 Admistrasi Bisnis. Diah Ayu Permata Sari dan Febby Putri Peliza lulusan D3 Akuntasnsi. Susi Sepriani dan Silpia Ramaini lulusan D3 Bahasa Inggris, Trissiwi Hastuti lulusan Teknik Sipil dan Taufik Ihsan Efendi lulusan D3 Teknik Komputer.


"Kedatangan kami menghadap pak walikota pariaman ini, yang pertama adalah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak, karena yang awalnya kami merasa tidak akan dapat mengecap bangku kuliah, dengan program SAGA SAJA ini, kami akhirnya dapat menempuh kuliah yang semua biayanya ditanggung oleh Pemko Pariaman," ujar M. Aqil Majid, salah satu lulusan PNP Oktober 2021 kemaren.


Dirinya juga mengatakan, mereka yang lulusan program SAGA SAJA ini, memang mempunyai beban moril dan tanggung jawab terhadap kelulusan mereka, dengan mendapatkan pekerjaan untuk membantu keluaga mereka lepas dari kemiskinan, sesuai dengan tujun program SAGA SAJA ini.


"Kami selalu berupaya sebagai Fresh Graduate, untuk dapat memperoleh pekerjaan di perusahaan yang sesuai dengan bidang keahlian kami, dan juga lamaran pekerjaan yang kami kirimkan tersebut, tidak hanya untuk perusahaan yang ada di Sumbar saja, tetapi juga di luar Sumbar," terangnya.


Sementara itu,  Putri Ramadhani lulusan D3 Admistrasi Bisnis mengungkapkan bagaimana kiatnya menjadi wirausahawan, dengan modal yang seadanya, dirinya merintis membuat brand makanan ringan khas Pariaman, Karupuak Baguak (emping melinjo).


"Karupuak baguak ini saya bungkus dengan kemasan yang menarik dan sudah mendapatkan label halal dari MUI, dan mempunyai beberapa varian rasa, dan Alhamdulillah, usaha saya ini digemari oleh kalangan muda dan bisa bersaing dengan produk-produk kekinian lainnya," ungkapnya.


Putri berharap usaha home industri yang dikelolanya ini, bisa berjalan dengan lancar dan disukai oleh masyarakat banyak, dan dapat berkembang lebih besar lagi, sehingga usaha UMKM miliknya ini, bisa bersaing dengan usaha modern lainnya, ucapnya.


"Besar harapan kami, agar kami sebagai lulusan Program  SAGA SAJA, dapat mendapat perhatian dan pendampingan, sehingga kami dapat mewujudkan apa yang diinginkan dari pak Walikota, Genius Umar, sebagai pembangkit keluarga kami, untuk lepas dari kemiskinan," tutupnya.


Audiensi lulusan PNP Program SAGA SAJA ini juga didampingi langsung oleh Direktur Politeknik Negri Padang, Surfa Yondri beserta jajaran, dan dihadiri oleh beberapa perwakilan industri yang ada di Sumatera Barat, Kepala Bang Nagari Cabang Pariaman, Ibnu Supriadi, Ketua BAZNAS Kota Pariaman, Zalman Zaunit dan jajaran serta beberapa Kepala OPD di Kota Pariaman. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.