Wagub Audy Joinaldy Apresiasi Objek Wisata Green Talao Park Ulakan

 

ULAKAN--Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ir Audy Joinaldy, SPt, MSc, MM, IPM, ASEAN.Eng, kunjungi Green Talao Park Nagari Ulakan. Kedatangan Wagub Sumbar tersebut di iringi oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, H. Novrial, SE, MA,Ak beserta tim Satuan Tenaga Konselor Pariwisata (Sanak) Sumbar serta rombongan dari Pemda Sumbar. 


Rombongan disambut oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman, Jhon Kenedi, S.Sos, M.M bersama Camat Ulakan Tapakis, Emri Nurman, S.Sos, M.M, Wali Nagari Ulakan, Ade Candra Saputra, S.T, Ketua Bamus Ulakan, Syahrul Mubarak, S.Pd, Direktur Bumnag Pesisir Ulakan Madani, Adi Kurniawan serta Niniak Mamak yang berulayat di Ulakan, Tapakis dan Katapiang. 


Kedatangan Wagub beserta rombongan disambut dengan arakan gandang tambua tasa oleh anak-anak Nagari Ulakan dari Korong Kabun Bungo Pasang, kemudian dilanjutkan pemasangan deta kepada Wakil Gubernur oleh salah seorang Niniak mamak yang diwakili oleh Datuak Yusabri, Rangkayo Amai Said. Kemudian menuju ke Galeri Ekraf Nagari Ulakan untuk melihat hasil karya dan prestasi-prestasi yang telah diraih. 


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Direktur Bumnag tentang proses dan progres Green Talao Park dari semula terbentuk, benturan dan tantangan yang dilalui hingga saat ini. 


Wakil Gubernur Sumatera Barat mengapresiasi pencapaian dari Green Talao Park bersama seluruh masyarakat yang ada, terkhusus yang dihadiri juga oleh para niniak mamak. 


"Saya kira ini kegiatan batagak gala karena banyak para niniak mamak dan datuak yang hadir, ternyata ini adalah penyambutan wisata," kata Wagub.


Ini adalah sesuatu hal yang sangat jarang ditemui, karena tidak hanya pemuda bersama pemerintah Nagari dan kabupaten, tapi juga di dukung oleh para niniak mamak dan datuak-datuak yang ada. 


" Semoga ini bisa di contoh oleh Nagari Nagari lainnya dalam mengembangkan Pariwisata berbasis masyarakat. Selain itu, pencapaian jumlah kunjungan wisatawan yang mencapai 130 ribu lebih dalam masa pandemi adalah suatu hal yang bagus," ulasnya. 


" Namun harus ditingkatkan supaya semua pengunjung bisa menghabiskan uangnya di sini. Namun untuk kegiatan berkelanjutan harus selalu penuh kreatifitas seperti ini, "  tukuknya. 


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial juga menambahkan, wisata di Nagari Ulakan itu termasuk salah satu destinasi yang terbaik walau masih ada beberapa pembenahan. 


"Green Talao Park termasuk salah satu destinasi yang diperhitungkan di Sumbar dengan wisata berbasis masyarakatnya. Memang masih ada beberapa hal yang perlu di benahi, apalagi di Ulakan itu ada Makam Syekh Burhanuddin, jadi tidak hanya ritual basapa, kapan perlu ada penambahan berupa wisata mediasi dan lainnya.," katanya.


Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama di Gazebo bundaran dengan menu hasil olahan alam Nagari Ulakan oleh Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat (KUEM) Nagari Ulakan seperti lokan, langkitang, sala bulek dan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan keliling trekking talao.  (SM/WIS)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.