Dinas Perhubungan Padang Pariaman Terjunkan Petugas di Kawasan Zona Sekolah Padat Lalulintas

Petugas Dinas Perhubungan Padang Pariaman Membantu Siswa Menyebrang Jalan di Zona Selamat Sekolah


PARIT MALINTANG
--Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman terus mendukung terciptanya layanan publik yang ramah. Termasuk upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan, hingga mendukung keamanan dan keselamatan bagi siswa saat menuju ataupun pulang sekolah.


Diprakarsai oleh Dinas Perhubungan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamanan di sekolah-sekolah yang merupakan Kawasan Zona  Selamat Sekolah (ZOSS) khususnya bagi sekolah yang terletak di daerah dengan arus lalu lintas padat dan jalan nasional.


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman Rifki Monrizal saat ditemui di ruang kerjanya di Pariaman mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan melakukan pengamanan tersebut adalah untuk memberikan jaminan keamanan, kelancaran dan ketertiban lalu lintas bagi pengguna jalan.


"Semoga lebih memudahkan para pelajar, karyawan sekolah, guru guru serta keluarga siswa yang mengantar anak anaknya ke sekolah," kata Rifki yang akrab di sapan momon ini.  Kamis, (03/02/2022) di ruang kerjanya.


Lebih lanjut kata Monrizal, selain mengatur lalu lintas, para personil Dishub yang ditugaskan dilapangan juga membantu para siswa yang ingin menyeberang jalan. Menurutnya, upaya ini dapat menghindari resiko kecelakaan.


“Yang kami harapkan hanya keselamatan para pengguna jalan, terutama anak – anak kita yang sekolahnya terletak di jalan raya dengan arus lalu lintas yang padat pada jam – jam sekolah,” ungkap Rifki Monrizal.


Senada dengan itu. Kasi Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Padang Pariaman Budi HP, S.Sos menambahkan, bahwa kegiatan Pengamanan pada ZOSS ini diaktifkan kembali sejak pertengahan Januari 2022 yang lalu. 


Dia menyebutkan, setiap beroperasi Dishub menurunkan personil sebanyak 65 orang pada 25 titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.


"Titik - titik Zoss ini sebenarnya belum mengakomodasi secara seluruh nya, hal ini diakibatkan kurang nya personil yang bisa diberdayakan, tapi hal ini tidak mengurangi semangat kami dalam memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat", ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut Kepala SMP Negeri 1 Sei Sarik Kec VII Koto Sofini, S.Pd, MM mengatakan merasa sangat terbantu dengan adanya petugas dishub yang bertugas secara rutin di depan sekolah.


Dia merasa agak nyaman untuk melihat anak-anak menyeberang jalan untuk masuk maupun pulang sekolah. Yang terpenting menurutnya, saat aktivitas keluar masuk sekolah tersebut dengan adanya petugas Dishub kecepatan pengendara dapat dikurangi. 


"Jadi kami atas nama keluarga besar SMP Negeri  1 Sei Sarik mengucapkan terima kasih kepada pihak Dishub Padang Pariaman," sebutnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Budi Maisal Putra, ASN Inspektorat Padang Pariaman yang merasa sangat bersyukur dengan adanya Petugas Dishub di simpang masuk Kantor Bupati Padang Pariaman.


Dia mengungkapkan kecemasannya sebelum ini apabila mau menyeberang, namun semenjak ada petugas dia merasa nyaman.


"Awak bersyukur bana ado petugas kini di simpang masuk kantor bupati, biaso nyo kalau bao honda cameh-cameh wak malinteh, terima kasih pak kadis," sebut Budi mengapresiasi dikutip dari pesan whatsappnya, yang diperlihatkan oleh Rifki Monrizal. (R/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.