18 Orang Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak Resmi Dilantik Wali Kota Genius Umar


PARIAMAN--Walikota Pariaman Genius Umar mengambil sumpah dan melantik 18 Kepala Desa Terpilih Periode 2022-2028 pada  Pemilihan Serentak Se-Kota Pariaman Tahun 2022 di Aula Balaikota Pariaman, Senin (14/3).


“Pemerintah Desa merupakan bahagian dari Pemerintah Daerah. Kepala desa dipilih oleh rakyat sebagai kepala wilayah dan berkoordinasi dengan camat dengan menjalankan janji kampaye ketika menjadi kepala desa serta menjalankan RPJMD Kota Pariaman,.” katanya saat memberi arahan.


“Oleh karena itu, setelah dilantik nya kepala desa harus membuat RPJMDes sesuai dengan visi dan misi ketika kampanye dan disesuaikan juga dengan RPJMD Kota Pariaman dan 19 Program Unggulan Kota Pariaman,” imbuhnya.


Sekarang, Genius Umar menambahkan bahwa kita keterbatasan anggaran karena pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Pariaman banyak melakukan kegiatan dengan pola partisipasi masyarakat. 


Dengan adanya kepala desa yang baru dari hasil pilihan dari rakyat, maka akan mampu lebih meningkatkan nilai partisipasi masyarakat baik membangun jalan dan berbagai infrastruktur di desa. Sehingga kelengkapan infrastruktur ini akan cepat dirasakan masyarakat desa termasuk perekonomian Pemko Pariaman.


“Pemko Pariaman bersama DPRD dan Forkopimda secara bersama dalam melakukan pembangunan ditingkat kota dan desa dengan bhabinsa, bhabinkantibmas dan unsur lain yang ada di desa secara aktif ikut partisipasi membangun desa,” terangnya.


Lebih lanjut, Genius Umar menuturkan bahwa kepala desa yang baru ini tidak semuanya berlatar belakang dari pemerintahan karena mereka berasal dari berbagai latar belakang serta kepala desa yang lama terpilih kembali, diharapkan DPMDes melakukan pelatihan segera mungkin dan berkoordinasi dengan Kemendagri sehingga tugas pokok fungsi kepala desa dan tanggung jawab kepala desa serta berbagai regulasi diikuti melalui pelatihan tersebut.


“Desa memiliki dana yang cukup banyak yakni Rp.1 M dari pemerintah pusat dan Rp.1 M dari Pemko Pariaman, berarti ada Rp.2 M. Dengan dana yang cukup banyak, sehingga berbagai regualasi ini harus dipahami oleh kepala desa yang perlu didampingi Kemendagri,” jelasnya.


Genius Umar mengungkapkan bahwa kepada kepala desa memiliki tanggung jawab untuk memimpin pemerintahan dan masyarakat desa serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.


“Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama untuk membangun kota ini dengan semangat yang sama dan semangat yang kuat, kota terbangun dengan baik dan kedepan Kota Pariaman akan menjadi lebih baik,” pungkasnya mengakhiri.


Hadir juga dalam pelantikan tersebut Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Ketua DPRD Fitri Nora, Forkopimda Kota Pariaman, Sekda Kota Pariaman, Ketua TP PKK Kota Pariaman,  Wakil Ketua TP PKK Kota Pariaman dan seluruh OPD dilingkungan Pemko Pariaman. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.