Wabup Rahmang Resmi Membuka Jambore Ranting III di Bumi Perkemahan Sarang Alang Kuranji Hilir Sungai Limau

 


SUNGAI LIMAU-- Wakil Bupati Padang Pariaman Drs.Rahmang, Senin (28/03/2022) membuka dengan resmi Jambore Ranting III Tahun 2022 yang digelar di Bumi Perkemahan Sarang Alang Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau.


Pembukaan jambore tersebut juga dihadiri Pembina Pramuka Padang Pariaman Dwi Warman, SH, MH, Drs H Anwar M.Si, Camat Sungai Limau Arlis,  Forkopimcam Kecamatan Sungai limau serta seluruh  pengurus Pramuka.


Pada kesempatan itu Wabup Rahmang mengatakan, jambore merupakan pestanya adik-adik Pramuka Padamg Pariaman yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan juga kesatuan Pramuka 


“Selain itu, Jambore juga bertujuan agar peserta memiliki komitmen terhadap penghayatan serta pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Satya Pramuka dan Darma Pramuka,” tambah Wabup.




Dijelaskannya,  dalam Undang Undang Nomor 12 Tahun 2010, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap anggota pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa.


“Diantaranya memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa, membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup,”  tambah Wabup


Wabup Rahmang juga menjelaskan, gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikan non formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. 


“Jadi gerakan pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya,” tambah mantan Camat Sungai Limau tersebut mengakhiri. ( ES/ADC/WIS)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.