Ingin Kulit Sehat? Ini 7 Tips Mandi yang Benar

 



AGAR badan tetap bersih, setiap hari pasti Anda butuh mandi. Tapi, tahukah Anda tips mandi yang benar? Sebagian orang mungkin menganggap urusan mandi ini sebagai hal yang sepele.



Namun, Anda harus memperhatikan cara mandi yang benar dan bersih agar kesehatan kulit tetap terjaga.
Anda juga wajib tahu bahwa mandi bukan sekadar membasahi tubuh menggunakan sabun dan air.


Jenis sabun, suhu air, sampai durasi mandi Anda pun ternyata juga berpengaruh.


Ikuti Cara Mandi yang Benar Ini Agar Tubuh Bersih dan Sehat
Mandi yang bersih bisa membantu mengembalikan kesegaran tubuh setelah beraktivitas seharian. 


Akan tetapi, mandi ternyata tidak bisa dilakukan secara asal-asalan seperti sekadar membasahi tubuh saja. Ada urutan yang harus diperhatikan ketika mandi agar Anda mendapatkan hasil maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips mandi yang benar agar tubuh bersih dan sehat.

 
1.    Mulai dari Bagian Tubuh Atas
Mulailah membersihkan tubuh dari bagian atas. Cara mandi yang benar dimulai dari  menyiram tubuh bagian atas terlebih dahulu. Misal hari ini adalah jadwal Anda keramas atau mencuci rambut, maka bersihkan dulu rambut Anda, lalu turun ke wajah, tubuh, hingga kaki.

 
2.    Pilih Suhu Air yang Tepat
Mandi dengan air dingin atau hangat, semua baik untuk tubuh. Bahkan, keduanya memiliki manfaat masing-masing.
Manfaat mandi menggunakan air dingin di antaranya:
—    Meredakan rasa gatal
—    Lebih segar dan tidak mengantuk
—    Meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh
—    Meredakan rasa nyeri pada otot setelah olahraga
—    Membuat kulit dan rambut terlihat lebih bersinar
Sedangkan manfaat mandi air hangat adalah:
—    Melegakan pernapasan
—    Membantu mengurangi rasa  stres
—    Membantu tidur menjadi lebih nyenyak
—    Memudarkan kulit kusam dan berjerawat
—    Menjadikan otot lebih rileks
Jika Anda memutuskan untuk mandi dengan air hangat, perhatikan suhunya agar tidak terlalu panas karena bisa membuat kulit lebih kering, merusak protein esensial alami yang ada di kulit, dan membuatnya lebih mudah terkena ruam.


3.    Batasi Durasi Ketika Mandi
Sebaiknya jangan berlama-lama ketika mandi. Mandi yang terlalu lama, tidak menjamin Anda melakukannya dengan benar dan tubuh bersih sempurna. Cukup 5 sampai 10 menit saja ketika mandi sebenarnya sudah cukup ampuh untuk mengusir bau badan, keringat, dan minyak berlebih pada permukaan kulit.

 
Sebenarnya, bagian tubuh yang menghasilkan bau tak sedap hanyalah selangkangan dan ketiak, bukan seluruh tubuh Anda. Tubuh Anda akan bersih maksimal walau mandi dalam waktu singkat asalkan Anda membersihkan tubuh dengan cara yang benar. Selain itu, faktanya mandi terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami yang menjadi pelindung alami lapisan kulit.


4.    Jenis Sabun yang Sesuai
Memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit akan membuat mandi Anda lebih berkualitas. Jangan tergiur dengan iklan-iklan yang menjanjikan kulit putih mulus tanpa noda. Yang paling penting adalah sesuai dengan jenis kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

 
5.    Hindari Keramas Terlalu Sering
Rambut yang terasa lepek setelah seharian beraktivitas dan berkeringat, kadang membuat Anda ingin membersihkannya dengan keramas setiap hari. Ternyata, ini adalah keputusan yang salah. Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat di rambut dan kulit kepala, akibatnya rambut justru jadi makin kering.

 
Namun, jika rambut Anda tergolong berminyak, Anda boleh keramas lebih sering. Jika ingin menambahkan pemakaian kondisioner, hindari terlalu lama membiarkan kondisioner tersebut di rambut Anda. Cukup tiga hingga lima menit saja, lalu bilas hingga bersih.


6.    Hindari Penggunaan Sponge Mandi
Memakai sponge mandi, dipercaya bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan daki yang membandel. Ini ada benarnya, tetapi ternyata ada yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan sponge mandi ini. Namun, seiring berjalannya waktu, justru sponge menjadi tempat sel kulit mati dan berbagai jenis bakteri.

 
Jika ingin menghilangkannya, cara mandi yang benar untuk membersihkan daki adalah dengan memakai sabun dan menggosok secara tepat. Sabun yang memiliki sifat basa, akan mengikat daki dan keringat yang bersifat asam. Jadi, sebenarnya tidak perlu menggunakan sponge mandi atau bahkan batu apung, ya.

 
7.    Keringkan Tubuh Secara Sempurna
Proses akhir dari mandi adalah mengeringkan tubuh. Jangan menggosokkan handuk dengan keras ke tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kulit kasar dan terjadi iritasi.  


Cara menggosok badan yang benar dengan handuk adalah lakukan perlahan saja. Menggosok tubuh dengan keras apalagi menggunakan handuk yang kasar, bisa mengakibatkan iritasi. Untuk menghindarinya, gunakan handuk yang lembut.



Nah, untuk mengeringkan tubuh, Anda bisa menggunakan Towel 550 Gsm. Handuk ini memiliki serat yang halus sehingga bisa mengeringkan dengan sempurna dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Anda bisa membelinya di Blibli.



Blibli.com adalah sebuah marketplace yang sudah sangat bisa dipercaya untuk memenuhi segala kebutuhan rumah tangga, mulai makanan, baju, dan perlengkapan mandi, termasuk handuk. Anda bisa membeli semua kebutuhan itu tanpa harus bepergian keluar rumah. Cukup buka aplikasi Blibli, tekan pesan, dan bayar, barang pesanan Anda akan dikirim sampai rumah dengan selamat.

 

Mandi selain membuat tubuh lebih segar dan bersih, juga merupakan sebuah ritual yang bisa menghilangkan stress. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar mandi yang Anda lakukan memberikan manfaat maksimal. Pilihan sabun, durasi, hingga suhu air yang tepat akan membuat mandi yang Anda lakukan memberikan manfaat maksimal bagi tubuh. Semoga tips mandi yang benar di atas bisa membuat Anda meneliti kembali, sudah benarkah cara mandi Anda selama ini?



Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.