Wali Kota Genius Umar Jadi Nara Sumber Pada Rapat Kerja Kemenag Kota Pariaman

Wali Kota Genius Umar Saat Menyampaikan Materi


PARIAMAN,-Menjadi narasumber pada rapat kerja (raker) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman Tahun 2022, Walikota Pariaman Genius Umar sampaikan beberapa program kerja Kemenag yang menjadi salah satu program unggulan pada masa kepemimpinan Genius Umar – Mardison Mahyuddin. 


Raker tersebut dilaksanakan di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kankemenag Kota Pariaman, Sabtu (14/5/2022).


“Budaya kerja kita dituntut untuk menjadi budaya birokrasi yang melayani dan ini hendaknya sudah kita terapkan. Dari yang biasa dilayani berganti menjadi pribadi yang melayani bagi masyarakat," ulasnya.


Pemko Pariaman, sebut Genius, juga mempunyai program unggulan yang kita masukan pada 19 program unggulan RPJMD Kota Pariaman 2018-2023 di bidang keagamaan, seperti adanya penyuluh agama dan pembinaan terhadap remaja mesjid. 


" Ini mungkin satu-satunya di indonesia yang dibiayai oleh APBD. Kemudian ada program Pengembangan Pendidikan Agama non formal, MDA, MDW dan MDU serta Pembangunan pusat pendidikan Al Qur'an (Read Al Qur'an Center), " tambah  Walikota Pariaman Genius Umar.


Dijelaskannya, Pemerintah Kota Pariaman terus mengupayakan meningkatkan keagamaan di Kota Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan Kegiatan Pembangunan ke Agamaan yang telah dilakukan. 


" Hal ini kita Mulai dari Pembinaan Pondok Al-quran yang dikelola Pemerintah Kota Pariaman melalui Read Al-Quran Centre tahun 2021 dan 2022 yang ditempatkan pada Mushala Balai kota Pariaman," ulas pria lulusan STPDN ini.


Ditambahkannya, tenaga pembina yaitu pelatih-pelatih MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 2019 dan pembinaan Read Al-Quran mewisuda 1000 Hafidz Alquran Kota Pariaman terus berkembang sampai sekarang.


“Kita juga telah memfasilitasi pembinaan Guru MDTA/MDTW/MDTU melalui penyuluh agama Desa dan Kelurahan. Beberapa kegiatan yang sudah ditunjuk pembinananya antara lain," katanya. 


MDTA, lanjut Genius,  dibina Camat melalui dana Desa dan MDTW/MDTU dibina Kesra melalui APBD. Memperkuat itu semua, juga sudah lahirkan Perwako nomor 12 tanggal 30 Maret Tahun 2022 tentang MDTA/ MDTW/ MTDU satu atap, dibina melalui Camat dan dievaluasi oleh Pemko melalui Bagian Perekonomian dan Kesra. (Rel/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.