Tingkatkan Derajat Kesehatan, Padang Pariaman Bertekad Membudayakan GERMAS


PARIT MALINTANG,- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dr.Lila Yanwar meminta peran lintas sektor untuk mengimplementasikan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) dalam mewujudkan Kabupaten Sehat.

Hal tersebut disampaikannya pada pertemuan untuk membudayakan GERMAS kepada masyarakat lintas sektor di Aula Dinas Kesehatan Padang Pariaman, PARIT Malintang, Kamis (07/07/2022).

Pada kesempatan itu, dr.Lila juga berkomitmen untuk membantu anggaran kepada Kabupaten/ Kota yang bertekad dan bersungguh-sungguh dalam mencapai target dan tidak menutup kemungkinan untuk Kabupaten Padang Pariaman. 

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, dr. H. Aspinuddin menyampaikan, Dinas Kesehatan Padang Pariaman berupaya untuk membudayakan GERMAS agar dapat meningkatkan derajat kesehatan. 

Pada tahun 2023, Kabupaten Padang Pariaman melakukan penilaian Kabupaten Sehat, salah satu strateginya adalah menjadikan seluruh nagari menjadi nagari ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. 

" Sampai bulan Juni capaian jamban sehat di Padang Pariaman 62% dengan target akan mencapai 100% Nagari ODF pada Desember 2022," kata Aspinuddin yang akrab disapa dengan Dokter Jimi ini.

Selain itu, Kadinkes juga menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman gencar melakukan PAPA SEHAT (Padang Pariaman Sehat) dimana komitmen Dinkes adalah Zero Kematian Ibu dan Bayi pada tahun 2022.

Dengan adanya PAPA SEHAT ini, ulasnya, seluruh ibu hamil yang beresiko dapat dengan cepat terdeteksi dan bisa langsung diidentifikasi. 

Sedangkan Ketua Forum Kabupaten Sehat yang juga Ketua BAZNAS Padang Pariaman  Dr.Rahmat Tuanku Sulaiman menyampaikan, kesehatan ini bukan hanya ranah dari Dinas Kesehatan tetapi diperlukan peran dari semua sektor karena terkait perubahan perilaku. 

" BAZNAS siap membantu bagi masyarakat yang belum mempunyai jamban sehat dan juga untuk membutuhkan biaya kesehatan," ulasnya.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan pemaparan dari Kepala Puskesmas Gasan Gadang terkait kondisi dari Wilayah Kerja Gasan Gadang karena nanti Sabermas Baru akan dilaksanakan di Gasan Gadang. (**)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.