Prosesi Maarak Jari-Jari Pesona Hoyak Tabuik, Genius Umar ikut Bergendang Tambua


PARIAMAN
, - Semarakan Prosesi Maarak Jari-Jari Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022, Walikota Pariaman, Genius Umar ikut Bergendang Tambua bersama anak nagari Pasa dan Subarang, berpusat di Tugu Tabuik Kota Pariaman, Jum’at malam (05/08/2022).


Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan di dalam masyarakat Pariaman, dimana Budaya Tabuik ini telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu, dan diperkirakan telah ada sejak abad ke-19 Masehi.


“Malam hari ini, kita melaksanakan prosesi maarak jari-jari, dalam rangkaian acara Prosesi Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022, yang dilaksanakan bertepatan dengan 7 Muharam 1444 H atau 5 Agustus 2022,” ujar Genius Umar.


Setelah maambiak tanah dan manabang batang pisang, Genius menuturkan prosesi selanjutnya adalah maatam yang dilaksanakan tadi siang, dan dilanjutkan dengan maarak jari-jari yang kita lakukan malam ini, ucapnya.


 “Prosesi maarak jari-jari ini berlangsung sehabis Magrib, dimana sejak sejak sore hari, puluhan anak Tabuik dari dua Rumah Tabuik Pasa dan Subarang, sudah bersiap-siap dengan perlengkapanya masing-masing, untuk menuju Tugu Tabuik, tempat berkumpul dan Basalisiah antara dua anak nagari Tabuik ini,” ungkapnya. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.