Cegah Anemia, Wawako Mardison Mahyuddin Ajak Pelajar Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi


PARIAMAN,- Mencegah anemia atau kekurangan darah pada remaja, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengajak para pelajar untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. 

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan gerakan nasional aksi bergizi, bertempat di Lapangan MAN Padusunan Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Rabu (26/10/2022).

“Gerakan nasional aksi bergizi merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilakukan karena anemia termasuk salah satu [enyakit yang serius dan banyak diderita masyarakat apalagi para remaja. Anemis merupakan kondisi ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup, dan merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat indonesia, yang dapat dialami oleh semua kelompok umur, mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut, " ungkapnya.

Masih tingginya kasus anemia, erat kaitannya dengan kepatuhan konsumsi Tablet Tambah Darah dan tidak disiplinnya dalam mengkonsumsi makanan yang sehat khususnya pada remaja putri dan ibu hamil. 

Kegiatan ini melibatkan lintas sektor di tingkat pusat dan daerah serta seluruh warga sekolah, khususnya remaja putri sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini.

“Pemerintah Kota Pariaman sebelumnya juga telah membuat berbagai kebijakan dalam hal pelaksanaan Aksi Bergizi yang dilakukan hari ini. Kita berharap apa yang telah dan akan kita kerjakan bersama, mulai dari OPD teknis dan lintas sektoral untuk dapat saling suport dan bersinergi, karena ini merupakan kerja bersama dan tanggung jawab kita sebagai jajaran Pemerintahan Kota Pariaman dalam hal peningkatan kesehatan anak dan remaja kita. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang unggul dan genius sehingga akan tercipta generasi handal yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan daerah dan negeri kita tercinta ini, “ tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah mengatakan bahwa launching gerakan nasional aksi bergizi dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMP 4 Pariaman dan MAN Padusunan. 

Kegiatan ini dimulai dengan senam pagi bersama,sarapan bersama, pemberian aksi konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan HB (Hemoglobin) untuk remaja putrid an sesi edukasi.

“Kegiatan ini dilakukan serentak di Indonesia yang bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia dapat dicegah dengan teraturnya mengkonsumsi makanan sehat dan ditambah dengan konsumsi tablet tambah darah. Makanan sehat tidak harus mahal, bahkan banyak disekeliling kita makanan sehat yang tidak kita sadari, seperti sayuran, buah – buahan, ikan dan telur, “ ungkapnya.

“Untuk remaja kita harap dapat teratur konsumsi tablet tambah darah dan usahakan minum TTD ini setelah sarapan dan diminum dengan air putih agar penyerapan zat besinya maksimal. Pemberian TTD pada remaja putri ini untuk mencegah nantinya melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR). Sehingga terciptanya generasi penerus di Kota Pariaman khususnya Indonesia umumnya yang sehat dan cerdas yang punya daya saing ditingkat global, “ tutupnya.

Kegiatan gerakan nasional aksi bergizi tingkat Kota Pariaman ditandai dengan pelepasan balon keudara secara bersama. Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penanda tanganan komitmen bersama gerakan nasional aksi bergizi tingkat Kota Pariaman oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin dan dilanjutkan seluruh tamu undangan yang hadir.

Kegiatan ini diikuti juga oleh beberapa Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Indriati Mardison, Kementerian Agama Kota Pariaman dan jajaran, Camat Pariaman Timur Kota Pariaman, Kepala Puskesmas Kp.Baru Padusunan dan Kepala Puskesmas Santok Kota Pariaman, Bhabinkamtibmas , Jajaran Dinas Kesehatan, Kepala MTsN se- Kota Pariaman, Kepala Sekolah MAN Padusunan dan jajaran majelis guru serta seluruh pelajar MAN Padusunan.(R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.