Wali Kota Genius Jadi Pembicara Pada Diskusi Panel Seminar Forum Kota Peduli HAM Sedunia


PARIAMAN,- Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyampaikan Best Practice Implementasi Integrasi Hak Asasi Manusia dalam Perencanaan Adaptasi Perubahan Iklim di Kota Pariaman dalam Diskusi Panel Seminar Forum Kota-Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia atau World Human Rights Cities Forum secara virtual di ruang kerjanya di Balaikota Pariaman, Selasa (11/10/2022).

Forum ini adalah mengambil tema "Integrasi Hak Asasi Manusia Keperencanaan Adaptasi Perubahan Iklim".

"Kota Pariaman menjadi salahsatu kota dengan praktek terbaik dalam hal mengintegrasikan HAM kedalam perencanaan dan proses adaptasi perubahan iklim. Kota Pariaman mengintegrasikan HAM ini kedalam Pariaman Green City," ujar Wako Genius Umar dalam paparannya.

Kota Pariaman punya Green Planing, dimana kita menetapkan tentang kawasan ruang terbuka hijau kota, kawasan wisata yang berkelanjutan seperti kawasan wisata mangrove dan sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi.

Selain itu, Kota Pariaman juga punya green community atau komunitas hijau seperti Tabuik Diving Club (TDC) yang konsen ke mangrove dan terumbu karang. Kita juga punya komunitas dan iven-iven sepeda sebagai upaya bagi kita untuk mengurangi emisi udara.

Genius Umar juga paparkan bahwa Kota Pariaman juga sudah membuat program Water Front City.

Disamping itu, untuk pengelolaan sampah, Kota Pariaman sudah punya kebijakan dengan pemilahan reduce, reuse dan recycle. Ini termasuk juga upaya kita dalam menurunkan dampak lingkungan.

Kemudian, Green Transportation, dimana Kota Pariaman punya bus sekolah gratis gunanya untuk mengurangi emisi udara.

"Ini semua menjadi bukti bahwa Kota Pariaman sudah memulai dan melakukan upaya-upaya dalam pengintegrasian Hak Asasi Manusia dalam respon adaptasi perubahan iklim dunia ," tutupnya mengakhiri.

Selain Walikota Pariaman, hadir juga sebagai pembicara dalam forum tersebut, Ms. Romchat Wachirarattanakornkul (OHCHR Regional Office for South-East Asia), Mr. Albert Salamanca ( Stockholm Environment Institute), Mayor Jerry Trenas (iloilo City, Phillipines). (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.