Wawako Mardison Mahyuddin Hadiri Gelar TTG XXIII di Cirebon


CIREBON,- Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menghadiri “Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022” di Aston Cirebon Hotel & Convention Provinsi Jawa Barat, didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kota Pariaman, Hendri. Acara dibuka secara resmi oleh Menteri Desa PDTT RI Dr. (H) Abdul Halim Iskandar, Rabu (19/10/2022).

Gelar TTG Nusantara merupakan puncak kegiatan lomba TTG Tingkat Nasional, sekaligus sebagai ajang temu nasional para inovator TTG Nusantara.

Acara ini merupakan agenda rutin tahunan Kementerian Desa yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi hasil TTG, sekaligus sebagai ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di desa.

Abdul Halim Iskandar jelaskan ada empat pasal yang harus dilaksanakan oleh pemerintah desa tentang TTG. Pertama adalah kepala desa dalam menjalankan tugas pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, serta pemberdayaan masyarakat desa, harus memanfaatkan teknologi tepat guna yang terdapat dalam pasal 26 ayat 2. 

Kedua, dalam pengembangan dan penggunaan TTG harus dipertimbangkan ketika pemerintah desa menetapkan prioritas program kegiatan pembangunan desa di dalam musyawarah desa, terdapat dalam pasal 80 ayat 4. 

Ketiga, pembangunan kawasan perdesaan salah satunya harus ditempuh dengan pengembangan dan penggunaan teknologi tepat guna terdapat dalam pasal 83 ayat 3. Keempat, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menjalankan urusan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, salah satunya harus ditempuh juga dengan penerapan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna dan temuan baru, untuk kemajuan ekonomi dan pertanian masyarakat desa terdapat dalam pasal 112 ayat 3.

Sedangkan dalam arah kebijakan pembangunan desa, SDGes pengembangan dan penggunaan TTG merupakan pencapaian SDGes desa tujuan yang ke sembilan, yaitu infrastruktur dan inovasi desa sesuai dengan kebutuhan.

“Oleh karena terkait dengan program-program TTG ini, kita semua harus bergerak mulai dari pemerintah, pemerintah daerah, bahkan sampai ke pemerintahan desa, yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat mendapatkan ruang yang sangat luas dalam berinovasi,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, Kota Pariaman tampil sebagai salah satu nominator 16 besar nasional lomba TTG kategori TTG Unggulan, diwakili oleh siswa SMA N 2 Kota Pariaman yang merakit alat untuk mencetak emping melinjo dan kerupuk jengkol. 

Mardison Mahyuddin katakan ia sangat mengapresiasi para pelaku atau kelompok masyarakat, yang telah mencurahkan darma baktinya untuk menciptakan alat dengan menggunakan tekhnologi sederhana, yang dapat dipakai untuk memudahkan aktifitas bekerja, seperti yang telah dilakukan oleh siswa SMAN 2 Kota Pariaman. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.