Tips Belanja Murah di Marketplace untuk Pembeli yang Ada di Solo dan Sekitarnya

 

Salah satu alasan kenapa banyak orang belanja secara online di marketplace adalah berharap bisa mendapatkan harga yang murah. Namun, tidak semua hal yang ada di marketplace ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Terkadang memang harus banyak memilih seperti memanfaatkan Promo Solo. Biasanya beberapa marketplace menyediakan promo yang spesifik diadakan di kota tertentu agar calon pembeli mendapatkan harga yang cukup terjangkau.

Apabila Anda berada di kawasan Solo dan sekitarnya dan ingin membeli produk-produk yang memang memiliki promo, ikuti tips di bawah ini. Dengan begitu, seluruh produk yang nantinya dibeli harganya miring.

Bandingkan Harga

Apabila ingin membeli produk di marketplace pastikan terlebih dahulu untuk membandingkan harga. Karena membandingkan harga ini sangat penting karena harga yang ada di marketplace biasanya cukup bervariasi.

Terkadang ada beberapa produk yang terlihat memiliki harga murah tetapi sebenarnya harganya cukup mahal. Ini bisa terjadi karena Anda tidak bisa membandingkan harga satu produk dengan produk yang lain secara langsung.

Karena terkadang meskipun memiliki variasi yang sama serta kualitas yang tidak jauh berbeda harganya ada perbedaan cukup signifikan. Intinya selama dua produk memiliki karakteristik yang sama, pilih harga yang paling murah.

Cek Ongkir

Salah satu alasan kenapa orang yang berada di Solo harus mengecek promo yang ada di sekitarnya adalah ongkos kirim. Ongkos kirim yang masih dalam satu kota atau di sekitarnya biasanya jauh lebih murah.

Bahkan ongkos kirimnya bisa saja di bawah Rp10.000 untuk 1 kg. Ini akan berbeda apabila Anda membeli barang yang lokasinya cukup jauh dari rumah. Kemungkinan besar ongkos kirimnya akan cukup membebani apalagi membeli dalam jumlah banyak.

Itulah kenapa sangat disarankan untuk selalu memperhatikan hal ini dengan baik. Selama produk tersebut memiliki kualitas tinggi dan masih berada di dalam satu wilayah disarankan untuk dibeli. Jadi, bisa lebih menghemat ongkos kirim.

Lihat Opsi COD

Beberapa orang suka sekali memilih opsi pembayaran secara cost on delivery atau COD. Cara ini dipilih karena bisa melihat kualitas dari barang sebelum dibayar secara langsung.

Karena lokasinya masih dalam satu wilayah maka proses untuk melakukan COD ini bisa berjalan dengan lebih mudah. Jadi, apabila barang tersebut tidak sesuai proses penukarannya juga masih bisa berjalan lebih cepat.

Cara ini juga cocok sekali apabila ingin membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Biasanya akan lebih hemat biaya pengiriman serta bisa dilakukan pengecekan satu persatu untuk semua produk.

Lihat Kualitas Produk

Banyak orang meragukan produk-produk yang berada di sekitarnya. Meskipun terkadang tidak memiliki merek yang cukup mentereng, kualitasnya masih sangat tinggi serta bisa dipertanggungjawabkan.

Sebagian besar produk promo merupakan produk yang dibuat oleh UMKM dengan hasil yang tidak perlu diragukan. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya meskipun harga produknya promo.

Pertimbangkan Harga Grosir 

Pertimbangkan harga grosir yang nantinya akan diterapkan oleh para penjual. Karena lokasinya cukup dekat serta menawarkan harga cukup terjangkau, ada kemungkinan Anda bisa menjual lagi produk itu.

Biasanya apabila membeli dengan harga grosir akan mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan. Jadi, sangat cocok sekali untuk mereka yang ingin memulai bisnis dengan mudah tanpa perlu membuat barangnya terlebih dahulu.

Meski demikian pertimbangkan juga proses pengiriman serta ongkosnya. Selama ongkos kirimnya tidak terlalu besar atau bahkan masih bisa diambil sendiri akan lebih mudah serta menghemat biaya yang nantinya dikeluarkan.

Cek Kemungkinan Retur

Usahakan untuk melakukan pengecekan terhadap kemungkinan adanya pengembalian barang atau retur. Karena lokasinya masih dalam satu wilayah kemungkinan besar proses untuk melakukan retur bisa berjalan dengan lebih mudah.

Sebelum membeli tanyakan terlebih dahulu apakah barang bisa diretur atau tidak. Apabila barang bisa diretur maka tidak perlu khawatir ketika produknya tidak sesuai atau proses pengiriman mengalami kesalahan.

Dengan begitu produk bisa diterima dalam kondisi yang paling sempurna. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena biasanya penjual akan segera melakukan penggantian produk apabila tidak sesuai.

Selalu Baca Ulasan

Hal terakhir yang mungkin harus selalu diperhatikan ketika akan membeli barang secara online di marketplace adalah selalu membaca ulasan. Karena apa yang tampak dari luar belum tentu sesuai dengan kualitas yang nantinya akan diterima.

Jadi pastikan untuk membaca ulasan yang sudah diberikan oleh pembeli sebelumnya. Biasanya mereka akan memberikan ulasan secara langsung terkait bagaimana pengalaman menerima ataupun menggunakan produk tersebut.

Apabila produk yang nantinya dibeli lebih banyak memiliki komentar positif, berarti cocok untuk digunakan. Apabila yang terjadi adalah sebaliknya berarti tidak cocok untuk dibeli dan bisa memilih variasi yang lain.

Membeli produk yang ada di kawasan Solo dan sekitarnya cocok sekali untuk mereka yang ada di kawasan Jawa Tengah. Jadi, pembelian bisa lebih hemat karena bisa memangkas biaya ongkos kirim yang terkadang cukup tinggi.

Selain itu, selalu pastikan untuk memilih marketplace terbaik seperti Blibli untuk melakukan transaksi. Karena setiap transaksi yang dilakukan di sana selalu menawarkan diskon serta gratis ongkos kirim yang cukup lumayan. (**/)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.