Pemko Pariaman Jalin Kerjasama dengan IPB


BOGOR,-Pemerintah Kota Pariaman kembali menjalin kerjasama dengan peguruan tinggi vokasi untuk mendukung program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) di Kota Pariaman. 

Kali ini Walikota Pariaman, Genius Umar menekan kerjasama dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Arif Satria di kampus IPB Bogor di Kota Bogor, Rabu,(11/1).

Genius Umar mengatakan bahwa program Sagasaja ini merupakan upaya Pemko Pariaman untuk memutus rantai kemiskinan di Kota Pariaman.

“Kemiskinan berawal dari kurangnya pendidikan dan mereka tidak bisa sekolah karena miskin, sehingga masalah ini selalu berputar-putar disitu saja. Oleh sebab itu pemerintah harus melakukan intervensi melalui kebijakan pendidikan bagi keluarga tidak mampu ini”, ujarnya di depan rektor IPB dan dekan voksi IPB.

“Bila hanya bantuan beras, sandang pangan dan lainnya kita berikan tidak signifikan mengurangi angka kemiskinan di daerah, namun jika melalui program ini maka pendidikannya terangkat dan ekonomi keluarganya bisa juga terangkat,” sambungnya.

Genius juga menegaskan bahwa masyarakat tidak mampu juga memiliki hal untuk sekolah tinggi dengan catatan mereka juga memiliki kemauan  kuat untuk maju. 

Ia juga mengungkapkan banyak ilmu yang didapatkan ketika kuliah program doktoral di IPB yang diterapkan sebagai kebijakan di Kota Pariaman seperti kebijakan pendidikan dan kesehatan.

Sementara itu Rektor IPB, Prof. Arif Satria menyambut baik kerjasama ini.

“Pendidikan dan kesehatan adalah hal penting untuk meningkatkan SDM, karena bila sudah sehat dan berpendidikan maka pemikirannya akan berkualitas,” ungkapnya.

Sumbar adalah gudangnya intelektual dan cendekiawan di Indonesia, banyak tokoh-tokoh perjuangan bangsa sari Sumbar.

“Oleh sebab itu kita akan terus dukung program Pemko Pariaman di bidang pendidikan ini,” lanjutnya.

Selain pendidikan ia juga berharap ada kerjsama dibidang lain seperrti bidang lingkungan sehingga peemasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat bisa dicarikan solusinya.

Seperti diketahui bahwa Sagasaja merupakan program unggulan Pemko Pariaman sejak Tahun 2018 dengan menguliahkan masyarakat kurang mampu di perguruan tinggi vokasi. Perguruan tinggi yang sudah bekerjasama antara lain PNP, Poltekpel Sumbar, PKP, ATI Padang, IPB, UI dan Poltrada di Bali.(Rel/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.