Asal-usul danau talang sebagai distinasi wisata

 

DANAU TALANG, merupakan salah satu danau di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Danau ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Solok. Danau vulkanik ini memiliki luas pemukaan sekitar 5 Km persegi.

Dilansir dari www.kompas.com, Danau Talang merupakan reservoar dari Gunung Talang. Kawasan ini memiliki potensi keindahan serta dikelilingi rangkaian bukit-bukit dari Gunung Talang.

Keindahan kawasan danau dapat dilihat ketika pengunjung berdiri di dekat danau. Warna air danau yang sangat jernih hingga ke dasar danau menggoda untuk mandi atau bermain air.

Keindahan lainnya berupa pinggiran danau yang dikelilingi oleh bebatuan besar yang tidak jelas asal usulnya. Konon menurut cerita, batu-batu besar itu berasal dari semburan Gunung Talang yang memuntahkan isinya saar erupsi.

Disekitar danau juga terdapat hamparan kebun teh dan perkebunan sayur mayur yang menambah keindahan pemandangan danau ditambah udara yang dingin. Hal ini karena, Danau Talang berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Danau Talang adalah danau yang menarik para wisatawan dan di dekat danau tersebut banyak orang yang menikmati keindahan danau dengan berfoto dan juga sampai bermalam di danau tersebut. 

Perlahan namun pasti menjadi sebuah tempat yang bagus di kunjungi, keberadaan Danau Talang yang dekat dengan objek wisata yang sudah lebih dahulu menjadi objek wisata di kalangan wisatawan.

Danau Talang memiliki panjang 1,71 km, lebar 0,94 kilo meter, keliling 4,52 km serta memiliki luas 1,02 km kedalamannya diperkirakan mencapai 90m.

Danau Talang adalah danau  yang diakibatkan oleh letusan gunung berapi, akibat dari letusan letusan gunung tersebut terbentuklah atau membentuk sebuah kawah, dan kawah tersebut membentuk sebuah danau. 

Status gunung Talang adalah gunung berapi yang masih aktif. Dari Letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar, dan salah-satunya membentuk danau yang disebut dengan Danau Talang. (Jimmy Erianto/Mahasiswa Universitas Andalas)

1 komentar:

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.